Sharp Aquos Sense 4 Plus “Ponsel Gaming Harga Miring”

Awal Januari 2021 lalu, Sharp mengumumkan ponsel terbarunya ke publik Indonesia. Namun kali ini Sharp menghadirkan seri Sense ke pasar Indonesia setelah sebelumnya di tahun 2020 menghadirkan seri Zero. Sharp Aquos Sense 4 Plus merupakan ponsel yang diplot untuk gaming dan terlihat dari chipset yang digunakannya. Ponsel dengan segmentasi kelas menengah ini memiliki harga yang cukup kompetitif dengan tampilan dan spesifikasi yang oke. Nah seperti apa Aquos Sense 4 Plus ini, yuk simak ulasannya berikut.

Seperti seri Zero, tampilan Sharp AQUOS Sense 4 Plus terlihat premium, dengan bagian belakang dibalut warna deep fog black. Dengan layar sebesar 6,7” dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 6, cukup melindungi layar dari benturan dan goresan. Ponsel Aquos memiliki keunggulan dalam hal layarnya. Menggunakan IPS LCD Panel yang mampu menghasilkan 16 juta warna, Layar AQUOS Sense4 Plus memiliki resolusi 1080 X 2400 pixel, dengan kualitas Full HD+.

Bodi belakang Sharp AQUOS Sense 4 Plus terbuat dari plastik dengan finishing glossy serta warna gradasi dari hitam ke abu-abu. Pada Bodi belakangnya Hanya terdapat komposisi empat kamera dengan LED Flash Light dalam satu kotak serta fingerprint di bagian bawahnya. Komposisi empat kameranya nampak menonjol cukup tebal sehingga menjadi tumpuan saat diletakkan terlentang. Ketiadaan karet pelindung membuatnya beresiko untuk membuat kamera cedera.

Disekelilingnya terdapat lis silver yang clung namun menjadikannya nyaman di genggam. Namun penempatan tombolnya agak berbeda dari ponsel biasanya karena ponsel ini menempatkan seluruh tombol di sebelah kanan termasuk tombol shortcut ke Google Asistant yang biasanya diletakkan terpisah. Terlihat ada tombol volume, power dan shortcut ke Google assistant. Sehingga agak sedikit bingung melihat ada tiga tombol berjajar di sisi kanan. Sedangkan port 3.5mm ada di atas dan port USB type C berada bersebelahan dengan internal speaker di bagian bawah.

Seperti pendahulunya yang tahan air, Sharp AQUOS Sense 4 Plus juga tahan air. Sharp AQUOS Sense4 Plus sertifikasi tahan air dan tahan debu IPX 5/8 & IP6X menjadi fitur penting yang jarang ditawarkan pada ponsel sekelas lainnya. Meskipun tidak disarankan untuk direndam namun ponsel ini bisa diajak berenang atau main game sambil berendam dalam bathtub. Secara keseluruhan bodi Sharp AQUOS Sense 4 Plus keren dan mewah.

Sebagai ponsel yang dipersiapkan untuk bermain game, maka Sharp AQUOS Sense 4 Plus menggunakan chipset yang mumpuni untuk bermain game. Sharp memilih Qualcomm Snapdragon 720G Elite Gaming untuk menunjang kinerjanya saat digunakan untuk bermain game. Chipset ini memang didesain Qualcomm untuk ponsel dengan spesifikasi gaming terutama di kelas menengah. Sharp juga membekali ponsel ini dengan memori yang lebih dari cukup yaitu RAM sebesar 8GB serta penyimpanan internal sebesar 128GB.

Saat di uji dengan menggunakan GeekBenchmark, Sharp AQUOS Sense 4 Plus memperoleh hasil yang cukup memuaskan dengan skor 1777 untuk multi score serta 569 untuk single core. Skor ini lebih baik dari pesaingnya yang juga menggunakan chipset Snapdragon 720G seperti Vivo V20. Dibenamkannya Gaming UI pada ponsel ini akan memberikan kenyamanan tanpa batas saat bermain games. Fitur Block Notification yang ada pada ponsel ini memungkinkan Gadgetarian menghilangkan notifikasi aplikasi lain serta peneriamaan panggilan serta pesan yang mengganggu.

Meskipun di desain sebagai ponsel gaming, namun ponsel ini tak melupakan fitur yang paling digemari yaitu kamera. Sharp AQUOS Sense4 Plus memiliki enam buah kamera yaitu quad camera (empat kamera) pada bagian belakang serta dua kamera depan. Kamera belakngnya terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP dengan F1.8, kamera wide 5 MP dengan F2.2 (115°), kamera makro 1.9 MP dengan F2.4, dan kamera depth 1.9 MP. Sedangkan kamera depan disematkan dual kamera atau punch hole, dengan resolusi 8 MP dengan F2.0 yang dibantu kamera depth 1.9 MP.

Kamera Sharp AQUOS Sense4 Plus memiliki cukup banyak fitur yang beragam dengan empat mode kamera seperti Auto, Manual, monokrom dan Macro. Sedangkan di layar utama terdapat mode pemilihan untuk video, foto, portrait, video lambat, serta time lapse. Untuk mode pemotretan bokeh, Gadgetarian dapat mengatur tingkat blur sesuai dengan selera. Gadgetarian juga bisamenggunakan lensa wide atau normal untuk pemotretan pemandangan yang lebih luas. Jika Gadgetarian menggunakan mode Auto, Gadgetarian akan sangat terbantu dengan fitur AI yang ada pada kamera ponsel ini. Jika memang suasananya redup maka secara otomatis kamera akan mengaktifkan mode malam.

Bagaimana dengan videonya? Sharp AQUOS Sense4 Plus sangat stabil saat digunakan untuk vlogging. Gadgetarian bisa ngevlog sambil berjalan dan menceritakan keadaan sekitar bahkan dengan berlari sekalipun. Karena kamera ponsel ini memiliki image stabilizer yang cukup baik maka hasil video yang Gadgetarian ambil sambil berjalan akan nampak halus tanpa terlihat guncangan yang mengganggu. Terlebih Gadgetarian dapat mengambil gambar dengan kualitas rekaman video 4K dan 1080 pixel dengan kecepatan 30 frame per detik.

Harga:
Rp 4.499.000

Kesimpulan
Meskipun Sharp menyebutnya sebagai ponsel gaming namun AQUOS Sense 4 plus lebih cocok sebagai ponsel “palugada” (apa lu mau gut ada). Karena spesifikasinya yang cukup premium untuk segala kegiatan bahkan untuk kegiatan olahraga seperti berenang.

Desain 4
Kinerja 4
Fitur 3
Harga 3

Product Fact
• Desain mewah
• Anti Air
• Kinerja oke

Spesifikasi

Dimensi/berat:
166 x 78 x 8.8 mm/196gr
Layar:
6,7”, 1080X2400 piksel, IPS LCD Panel, Full HD + Corning Gorilla Glass 6
OS:
Android 10
Chipset:
Qualcomm SDM7125 Snapdragon 720G – FinFET Process 7 nanometer, Octa-core (2 × 2.3 Kryo GHz 465 Golden & 6 x 1.8 Kryo GHz 465 silver)
Memori:
8GB RAM, 128GB ROM
Kamera:
48 Megapixel, (wide), f / 1.8 aperture, 5 Megapixel, (ultrawide), f/2.2 aperture, 1,9 Megapixel, macro, f / 2.4 aperture, 1,9 Megapixel, depth sensor, f/2.4
Kamera depan:
Dual Camera, 8 Megapixel, (Wide), f/2.0, 2 Megapixel, depth sensor, f / 2.5 aperture
Video:
4K video recording @ 30 Fps
Baterai:
4120 mAh

Hasil foto Sharp Aquos Sense 4 Plus

Start typing and press Enter to search