Samsung Chromebook 4 “Belajar dari Rumah Tanpa Kendala”

 Gara-gara pandemi COVID-19 kita mengenal yang namanya new normal yang artinya kita memiliki kebiasaan baru yang tercipta karena pandemi, seperti social distancing, work from home, dan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Nah, PJJ inilah yang menjadi concern Samsung untuk merilis Chromebook 4 yang diperuntukkan bagi para siswa juga guru agar kegiatan belajar-mengajar tetap dapat berjalan meskipun tidak harus bertatap muka secara langsung di kelas.

Memang saat ini smartphone bisa dibilang sudah lebih dari cukup untuk melakukan PJJ namun tidak semua aktivitas belajar-mengajar bisa dilakukan dengan nyaman jika hanya bermodalkan smartphone. Dengan hadirnya Chromebook 4 maka aktivitas PJJ akan jauh lebih mudah, misalnya saat mengetik tugas, video conference dengan guru atau kawan-kawan lainnya untuk membahas pelajaran hingga mencari bahan-bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

Secara fisik, Chromebook 4 sangatlah ringkas dengan dimensi ketebalan hanya 16.7mm dan bobot hanya 1.18kg sehingga tidak merepotkan jika dibawa berpindah tempat dari kamar ke ruang tengah misalnya. Untuk kenyamanan pengoperasian, Samsung telah menyematkan stereo speaker, mic digital internal, dan kamera berkualitas 720p HD sehingga aktivitas belajar-mengajar akan semakin mudah dan nyaman khususnya jika digunakan untuk video conference karena kualitas audio dan visual juga mempengaruhi tingkat kenyamanan juga penerimaan para murid saat kelas online tengah berlangsung.

Keberadaan keyboard dan touchpad juga tentunya akan sangat membantu untuk mengetik tugas sekolah hingga saat browsing mencari bahan materi pelajaran. Desain tombol-tombol keyboard-nya yang ergonomis menjadikan aktivitas mengetik dalam waktu lama tidak akan bikin senewen. Asyiknya lagi, Chromebook 4 telah dibekali batere dengan daya tahan hingga 12.5 jam. Jadi, tidak perlu khawatir lagi harus sering-sering mengisi daya. Bahkan port USB-C Chromebook 4 selain untuk mengisi daya juga bisa digunakan untuk transfer data dan menghubungkannya ke layar eksternal berkualitas 4K.

Untuk layarnya Samsung memasang layar berukuran 11.6 inci beresolusi HD (768 x 1366 piksel) dengan LED Display dan Anti-Reflective. Kualitas layarnya memang tidak tinggi namun kalau hanya untuk digunakan PJJ maka layar Chromebook 4 sudah lebih dari cukup. Sementara di sektor dapur pacu Samsung telah membenamkan prosesor Intel Celeron N4020 berkecepatan hingga 2.70GHz, kartu grafis Intel UHD Graphics 600, RAM 4GB LPDDR4, dan ruang penyimpanan 32GB.

Pengalaman PJJ menggunakan Chromebook 4 juga akan semakin maksimal berkat dukungan cloud database sehingga saat mengakses kelas online, materi dan bahan pelajaran, hingga meng-edit tugas akan semakin mudah tanpa perlu ribet urusan harddisk. Ini juga berkat dukungan Chrome OS untuk memberikan akses cepat ke berbagai aplikasi untuk keperluan sekolah.

Selain itu, Chromebook 4 juga menyediakan update untuk OS dan software, serta security patches agar keamanan data tetap terjaga. Chromebook 4 juga mampu bertahan dari suhu tinggi, getaran, atau perubahan suhu ekstrim berkat sertifikasi military-grade (Mil-STD-810G) yang telah dikantonginya. Chromebook 4 juga mampu mengunduh dan meng-upload data besar dengan cepat berkat disematkannya konektivitas Gigabit WiFi.

Harga

Rp 4.999.000 (blibli.com)

Product facts:

          Desain ringkas

          Telah mendukung cloud database

          Desain keyboard ergonomis

 

Spesifikasi

Dimensi/Berat:

287.9 x 202.3 x 16.7mm/1.18kg

Layar:

11.6 inci HD (768 x 1366 piksel), LED Display, Anti-Reflective

CPU:

Intel Celeron Processor N4020 (1.10GHz sampai 2.70GHz 4MB L2 Cache)

Graphic Card:

Intel UHD Graphics 600

RAM:

4GB LPDDR4

Penyimpanan:

32GB eMMC

Kamera:

720p HD

Audio:

Stereo speakers (1.5W x2), internal digital mic

Konektivitas:

WiFi 5 (2×2), Bluetooth

Port:

1 USB-C, 1 USB3.0, MicroSD Multi-media Card Reader, 1 Headphone out/Mic-in Combo

Input:

Island-type keyboard, touchpad

Keamanan:

Slim Security Slot, TPM (Trusted Platform Module)

Batere:

39Wh, 65W USB-C Adapter

Start typing and press Enter to search