Sony WF-1000XM4

Sony merupakan salah satu produsen TWS terkemuka bahkan sejak puluhan tahun yang lalu, mungkin Gadgetarian ingat dengan kata walkman.  Kini Sony memiliki lini produk TWS yang cukup banyak dengan berbagai model untuk berbagai segmen mulai dari yang entry level hingga high-end.  Produk terbaru Sony yang baru saja dihadirkan adalah WF-1000XM4 yang merupakan seri terbaru dari Wireless Headphone.

Meski sesungguhnya lebih cocok disebut sebagi earbud, WF-1000XM4 merupakan wireless headphone yang canggih.  WF-1000XM4 dilengkapi dengan Integrated Processor V1 dengan desain baru yang memberikan noise cancellation lebih baik dibanding pendahulunya.  Gadgetarian juga bisa menghentikan musik yang sedang diaminkan dengan melepas salah satu earbud dan dapan melanjutkan kembali dengan memasangnya kembali.

WF-1000XM4 didukung dengan mikrofon berperforma tinggi dengan sensor kebisingan ganda untuk memberikan noise cancellation terbaik. Adanya dua mikrofon pendeteksi kebisingan di tiap telinga – satu feed-forward dan satu feed-back – kebisingan di sekitar akan didengar dan dianalisis untuk menghasilkan noise cancellation berakurasi tinggi.

Desain baru pada unit driver 6mm dengan peningkatan 20% pada volume magnet juga meningkatkan kapabilitas noise cancelling WF-1000XM4.  Ujung earbud juga baru dibuat dari bahan busa poliuretan yang lembut dan elastis, memaksimalkan area kontak permukaan antara ujung earbud dan kanal telinga. Hal ini menghilangkan celah untuk mengisolasi suara dan mengurangi kebisingan, sekaligus meningkatkan kelekatan pada saluran telinga untuk penyesuaian yang lebih stabil.

Dilengkapi LDAC, teknologi coding audio Sony  membuat WF-1000XM4 kini mendukung Audio Nirkabel Resolusi Tinggi. LDAC mengirimkan data kira-kira tiga kali lebih banyak (pada kecepatan transfer maksimum 990 kbps) dari audio Bluetooth® konvensional.  Hal ini memungkinkan Gadgetarian menikmati konten Audio Resolusi Tinggi dengan kualitas sangat baik.

Fitur lain yang menarik adalah Speak-to-Chat yang sekarang tersedia di WF-1000XM4 dan memungkinkan Gadgetarian melakukan percakapan singkat tanpa melepas earbud. Speak-to-Chat secara otomatis menjeda musik dan memperdengarkan suara sekitar sehingga pengguna dapat melakukan percakapan dengan tetap menggunakan headphone. Setelah percakapan selesai, musik akan diputar lagi secara otomatis berkat Precise Voice Pickup Technology yang memungkinkan Speak-to-Chat dapat mengenali dan bereaksi terhadap suara Gadgetarian.

WF-1000XM4 tersedia dalam warna Hitam dan Silver di Indonesia pada bulan Agustus 2021 ini dengan harga Rp3.999.000.  Sony memang dikenal sebagai pemiliki produk-produk premium mulai dari earbud hingga home appliance, sehingga tak heran jika Sony menghadirkan WF-1000XM4 dengan harga yang tinggi diantara earbuds merek lainnya.  Karenanya dominasi Sony di segmen kelas premium masih belum tergoyahkan.

Start typing and press Enter to search