Meski Baru Sebagian, Proses Integrasi IOH Sukses Layani Lonjakan Trafik

Musim mudik lebaran tahun ini merupakan musim pertama bagi IOH.  Pasalnya pada Januari lalu Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri melebur menjadi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).  Musim mudik tahun ini menjadi tantangan tersendiri bagi IOH karena meraka baru menyelesaikan sedikit integrasi site di beberapa daerah.  Tercatat hingga Ramadan ini, IOH baru menyelesaikan integrasi jaringan sebaganyak 1000 site dari 43.000 yang direncanakan selesai hingga akhir tahun ini.

Meski demikian dimusim mudik lebaran tahun ini, IOH berhasil mengatasi lonjakan trafik layanan yang terjadi di beberapa daerah jalur mudik lebaran.  Secara umum, pada musim liburan kali ini, IOH mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27% pada tanggal 29 April 2022 dibandingkan periode yg sama tahun lalu, dimana sekitar 97% diantaranya dapat terlayani di jaringan 4G. Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi.

Upaya integrasi dengan menggunakan teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) di beberapa site  juga memberikan pengalaman lebih baik untuk aktivitas digital pelanggan di dalam ruangan.  Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13% di masa libur lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini.

Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Seperti tahun-tahun lalu, layanan mobile gaming mencatat kenaikan tertinggi pada musim mudik lebaran kali ini.  Layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.  Begitu juga YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram yang masih menjadi aplikasi paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search