Samsung Galaxy M23, Galaxy M Makin Kalem

Samsung memiliki dua varian untuk segmen menengah dan bawah yaitu seri A dan seri M.  Selama ini Galaxy M lebin dikenal sebagai ponsel dengan baterai besar, sehingga ada yang sampai memiliki baterai berkepasitas 7000 mAh seperti Galaxy M51.  Namun kini kapasitas baterai Galaxy seri M nampaknya mentok di angka 5000 mAh saja seperti yang ada pada seri terbarunya yang masum ke Indonesia Galaxy M23.  Ponsel kelas entry level ini memiliki baterai 5000 mAh namun irit daya sehingga bisa digunakan dalam maktu yang lama.  Nah apa kehebatannya selain baterai, yuk simak ulasannya berikut.

Meskipun Samsung Galaxy M23 5G memiliki harga Rp 3 jutaan namun merupakan ponsel entry level dengan banyak keunggulan.  Desainnya pun kini lebih anggun seirama dengan Galaxy A series terutama pada bodi belakangnya.   Bodi belakang Galaxy M23 5G memiliki balutan warna dengan finishing doff yang mewah.  Sedangkan komposisi ketiga kameranya berada di pojok kiri atas dengan desain seperti Galaxy A series hanya saja pada Galaxy M23 5G kompartemen kameranya memiliki ketinggian yang lebih curam.

Sementara itu di sekeliling bodinya menggunakan finishing glossy dengan tombol volume, port charger, speaker dan port 3,5mm untuk headset walaupun tidak tersedia di dalam kotak saat pembelian.  Galaxy M23 memiliki pemindai sidik jari di samping borsama dengan tombol power yang mudah digapai oleh jempol kita.  Pemindaiannya pun cukup responsif tak perlu menunggu lama, tempel rempol maka layar akan langsung menyala.  Oh ya kini Galaxy seri A dan juga seri M tak lagi menyediakan kepala charger sehingga boxnya terlihat memiliki ukuran yang lebin ramping dibanding biasanya atau pesaingnya.

Galaxy M23 5G memiliki layar yang cukup lapping yaitu 6,6 inci, untuk memberikan tampilan yang penuh di setiap konten yang dilihat, dan resolusi FHD+ untuk memberikan kualitas gambar yang jernih. Galaxy M23 5G dibekali dengan layar Infinity-V Display yang lebih responsif dari generasi sebelumnya berkat kehadiran refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz yang membuat tiap motion pada layar menjadi lebih halus termasuk untuk scrolling di media sosial maupun bermain game.  Ponsel ini sudah didukung dengan Dolby Atmos yang aktif saat kamu menggunakan headphone.

Meskipun bukan ponsel gaming, Galaxy M23 5G ditenagai Snapdragon 750G yang memberi performa maksimal di tiap pengoperasiannya.  Pengoperasiannya akan lebih mudah untuk multitasking menggunakan berbagai aplikasi hingga menjalankan aplikasi game favorit, dan tentunya mendukung konektivitas 5G untuk produktivitas dengan lebih maksimal. Penggunaan RAM 6GB, lengkap dengan RAM Plus hingga 6GB, memungkinkan Gadgetarian beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan lebih lancar ditambah dengan ruang penyimpanan 128GB yang ekstra luas dan bisa ditambah hingga 1TB.

Dalam hal kamera, Galaxy M23 juga memiliki kamera yang mumpuni dengan kekuatan utama pada sensor sebesar 50MP.  Galaxy M23 5G dilengkapi triple camera di bagian belakang, Ultra wide camera 8MP dengan sudut pengambilan gambar hingga 123° membuat lebih banyak objek bisa masuk ke dalam frame, cocok untuk mengambil foto pemandangan, lingkungan sekitar, hingga photo group. Depth camera 2MP mampu menampilkan foto bokeh dengan efek blur mendalam yang lebih rapi untuk membuat foto portrait kamu lebih standout.

Fitur kamera yang dihadirkan pada ponsel ini juga terbilang banyak dan lengkap karena ada macro, mode malam, sekli pengambilan dan juga slowmo.   Tak lupa nadir pula mode seri untuk seri-seruan dalam fotografi karena ada banyak tamplate untuk membuat foto lucu dan seru.  Dengan apperture f/1.8 membuat ponsel ini mampu mengambil gambar dalam suasana remang atau minim cahaya.  Untuk merekam video pun Samsung sudah membekalinya dengan perekam video dengan kualitas  hingga 4K, @30fps

Untuk mendukung baterai 5000 mAh, Samsung menyertakan pengisian daya cepat dengan kekuatan 15 watt sehingga baterai sebesar itu tak membutuhkan waktu lama untuk mengisinya.  Samsung sendiri mengklaim Galaxy M23 mampu bertahan hingga 2 hari untuk pemakaian normal.  Belum lagi fitur-fitur lain yang ada di ponsel ini seperti NFC yang juga telah tersedia.

Harga

Rp 3.699.000

Kesimpulan

Galaxy M kini seolah bertransformasi menjadi ponsel yang anggun dan kalem.  Hal ini terlihat dari spesifikasi dan desainnya yang tak lagi menjadi ponsel super power dengan baterai super besar.  Berkat teknologi prosesor yang semakin canggih kini Galaxy tampil dengan baterai kapasitas biasa saja dengan ketahanan luar biasa.

Desain 4

Kinerja 3

Fitur 4

Harga 3

Spesifikasi

Dimensi/berat

165,5 x 77,0 x 8,4 mm

198 g

Chipset:

Snapdragon 750G (Octa-Core, up to 2.2GHz), Android 12, One UI 4.1

Memori

6GBRAM/128GBROM

RAM Plus hingga 6GB

Layar:

6,6 inci FHD+ TFT, Infinity-V Display, 120Hz Refresh Rate

Kamera

Kamera Belakang:

Utama: 50MP (f1.8), Ultra Wide: 8MP (f2.2), Depth: 2MP (f2.4)
Kamera Depan:

8MP (f2.2)

Perekam Video:

Hingga 4K | @30fps

Jaringan

2G / 3G / 4G LTE / 5G Sub6 FDD, 5G Sub6 TDD

Konektivitas

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4G + 5GHz), Bluetooth® v 5.0, USB Type 2.0-C

Baterai

5.000 mAh, 15W Fast Charging*

Fitur Lainnya

NFC, Pemindai Sidik Jari Samping, Dolby Atmos**

Hasil foto Galaxy M23

    

Start typing and press Enter to search