Connect with us

Product Info

Rekomendasi Smartphone yang Cocok Untuk Videografi

Published

on

Buat Gadgetarian yang gemar membuat konten video di media sosial yang bingung mau menggunakan kamera atau smartphone dalam membuta konten, jangan bingung karena sesungguhnya bisa apa saja yang penting ada kameranya kan, hehe.  Nah buat Gadgetarian yang ingin menggunakan smartphone sebagai alat perekam video, silakan simak rekomendasi beberapa smartphone yang cocok untuk videografi.  Berikut rekomendasinya.

Entry level (Rp 1 juta-Rp 5 juta)

realme Narzo 50i Prime

Realme Narzo 50i Prime merupakan smartphone entry-level yang didukung chipset Unisoc Tiger T612 (12 nm) dan baterai berkapasitas 5.000 mAh untuk menunjang semua fungsinya. Ponsel ini diklaim andal untuk bermain gim.

Ponsel ini sudah dibekali kamera swafoto beresolousi 5 MP (f/2.2) yang mendukung fitur AI Beauty, HDR, dan Filter. Di bagian punggung, ponsel ini memiliki satu kamera utama beresolusi 8 MP (f/2.0) yang membawa fitur-fitur penunjang seperti 4x Digital Zoom, 1080P@30fps, 720P@30fps, 480P@30fps.

Samsung Galaxy A23

Galaxy A23 mengusung konfigurasi empat kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) disertai fitur PDAF, kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Keempat kamera tersebut juga dibekali lampu kilat LED.

Agar dapat menghasilkan gambar yang maksimal, Galaxy A23 5G dibekali fitur penstabil gambar (Optical Image Stabilization/OIS) untuk mengurangi guncangan saat merekam video. Peningkatan spesifikasi lain ada di sektor hardware. Samsung A23 5G ditenagai chipset Qualcomm, Snapdragon 695 dengan arsitektur 8nm

realme 9 Pro Plus

Realme 9 Pro dibekali tiga konfigurasi empat kamera yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.79), kamera wide-angle 8 MP (119 derajat), dan kamera makro 2 MP. Kamera ponsel ini juga didukung dengan sejumlah fitur seperti Smart Long Exposure, Peak dan Zoom, serta filter 90’s Pop. Untuk dapur pacunya, Redmi 9 Pro menggunakan chipset Snapdragon 695 5G (6nm).

Yang menarik dari realme 9 Pro Plus karena smartphone ini memiliki banyak fitur fotografi mai-un efek-efek yang membuat Gadgetarian semakin kreatif membuat konten video maupun fotografi.  Gadgetarian dengan mudah membuat efek permainan cahaya yang biasanya dibuat dengan menggunakan mode pro dan mengurangi kecepatan shutter.  Gadgetarian pun dapat membuat lukisan cahaya dengan sekali klik saja.

Mid-range  (Rp 5 juta-Rp 10 juta)

OPPO Reno8 Pro 5G

Smartphone ini memiliki konfigurasi tiga kamera belakang serta satu LED Flash. Ketiga kameranya terdiri dari kamera utama Sony IMX766 50 MP (f/1.8), kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).  OPPO Reno8 Pro memiliki keunggulan pada pemotretan malam dan juga portrait atau bokeh dengan fitur ultra night video.  Buat Gadgetarian yang gemar membuat konten video di malam harı atau dengan cahaya yang minim sangat cocok menggunakan Reno8 Pro 5G.

Sementara kamera depannya yang beresolusi 32 MP (f/2.4), didukung dengan lensa Sony IMX709. Untuk jeroannya, Oppo Reno8 Pro 5G ditenagai chip MediaTek Dimensity 8100-MAX (5 nm).  Dan yang menjadi unggulan sekaligus tak dari kemempuan fotografi dan videografinya adalah chip Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X buatan Oppo.  Dengan NPU ini Gadgetarian akan dengan mudah membuat video dengan kualitas 4K Ultra HDR.  Dengan harga yang ditawarkan yaitu sebebsar Rp 9.999.000, OPPO Reno8 Pro 5G memiliki value for money yang sangat baik.

Samsung Galaxy A73

Galaxy A73 5G punya kamera utama 108 MP (f/1.8, OIS, VDIS), kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4). Ponsel ini menjadi smartphone pertama Samsung yang mengusung sensor 108 MP pada kamera belakang.  Smartphone ini menggunakan Hybrid Optic Zoom untuk menangkap objek yang jauh dengan mudah, dan dapat menguurangi noise dengan Big Pixel Sensor.

Dengan Optical Image Stabilizer dan teknologi Video Digital Image Stabilizer canggih yang bekerja secara sinkron, Galaxy A73 5G dapat merekam video yang tetap stabil dan jernih sementara Enhanced HDR menjaga detail tetap hidup dengan ekspresi warna yang halus baik di siang hari yang cerah maupun cahaya redup.Untuk masalah daya, Samsung Galaxy A73 5G ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan Super Fast Charging 25 watt dijamin bisa membuat konten seharian di luar rangam.

Samsung Galaxy M53

Samsung Galaxy M53 5G mengusung konfigurasi empat kamera yang ditempatkan dalam modul berbentuk persegi. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8) yang mendukung perekaman video 4K, kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 123 derajat, kamera depth 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Untuk menunjang kebutuhan swafoto dan panggilan video, smartphone ini memiliki kamera depan beresolusi 32 MP (f/2.2). Samsung M53 5G ditenagai oleh chipset Dimensity 900 (6 nm) besutan MediaTek. Chip ini memiliki CPU octa-core dengan clockspeed hingga 2.4 Ghz. Adapun sektor grafis ditangani oleh GPU Mali-G68 MC4.

POCO F4

Poco F4 punya kamera utama 64 MP (f/1.79) yang didukung OIS, kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 119 derajat, serta kamera makro 2 MP (f/2.4). Sementara, kamera depannya memiliki resolusi 20 MP (f/2.45), untuk berswafoto maupun melakukan panggilan video.  Smartphone yang lengkap ini juga memiliki Optical Image Stabilizer yang menjamin Gadgetarian bisa membuat konten video tanpa goyang atau ngeblur karena guncangan.  Smartphone ini juga dilengkapi kamera ultra-lebar dengan FOV 119° untuk sudut pandang yang lebih luas.

Gadgetarian juga bisa membuat video dengan kualitas ekstra tajam, cukup dengan sekali ketuk, Gadgetarian dapat dengan mudah membuat video 4K yang keren kapan pun dan di mana pun. Untuk dapur pacu, Poco F4 ditenagai oleh chipset Snapdragon 870 besutan Qualcomm. Chip ini didesain dengan arsitektur 7 nm, memiliki CPU octa core dengan kecepatan hingga 3,2 GHz, dan GPU Adreno 650. Selain itu, chip ini juga dibekali dengan modem X55 sehingga mendukung konektivitas 5G.

ASUS Zenfone 8

Zenfone 8 memiliki dua kamera belakang yang diletakkan secara vertikal dalam modul berbentuk persegi. kedua kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8, 26 mm) dengan sensor Sony IMX686 dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, 112 derajat, 14 mm) dengan sensor Sony IMX363. Kamera tersebut dilengkapi fitur fotografi yang mencakup perekaman video 8K (30fps) dan 4K (60fps), HyperSteady, Free Zoom, Video Pro Mode,  dan Fokus Akustik.

Untuk membuat video, Zenfone 8 enak banget karena fitur stabilizernya sangat baik bahkan digunakan saat berlari sekalipun.  Asus turut menyematkan kamera 12 MP (f/2.5, 28 mm, AF) di bagian depan ponsel untuk memenuhi kebutuhan selfie pengguna.  Yang menarik Adalah tersedianya Filter Angin yang membuat suara angin ketika Gadgetarian merekam video luar ruangan menjadi hilang.  Ada pula Fokus Mikrofon yang membuat Zenfone 8 bisa fokus pada salah satu sumber suara dan tak terganggu oleh suara lainnya.

Flagship (Rp 10 juta ke atas)

Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Galaxy Z Flip4 5G hadir dengan kamera ultra-wide beresolusi 12 MP dan kamera wide 12 MP di bagian Cover Screen serta kamera selfie beresolusi 10 MP.  Desainnya yang flip atau lipat memungkinkan Gadgetarian  mengambil foto dan video dari berbagai sudut dengan mudah.  Smartphone ini memiliki teknik pengambilan kamera FlexCam karena kameranya yang bisa digunakan dalam berbagai mode termasuk Camcorder style yang membuat Gadgetarian bisa mengambil gambar layaknya menggunakan camcorder.

Ponsel pintar lipat ini juga sudah dibekali sensor kamera yang mampu mengambil gambar dan video dengan kualitas yang tinggi dan tajam dalam berbagai kondisi pencahayaan. Untuk membuat konten pada malam hari, Galaxy Z Flip4 5G dibekali fitur Super Night Resolution, OIS, dan VDIS, yang membuat gambar terlihat lebih tajam, stabil, dan jernih, walaupun dalam kondisi minim cahaya.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Meski banyak digunakan para eksekugif dalam mendukung kegiatannya sehari-hari dengan berbagai fitur penunjang kerja yang lengkap, ponsel ini juga didukung sistem fotografi yang sangat lengkap.  Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memiliki kamera selfie 40 MP, kemudian di bagian punggung, terdapat konfigurasi empat kamera yang terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamera ultra-wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP (optical zoom 3x), dan kamera telefoto 10 MP (optical zoom 10x).

Tak hanya kamera, sistem perekaman suaranya pun sudah sangat lengkap bahkan cocok untuk digunakan para reporter berita televisi.  Fitur kameranya pun lengkap dengan jargon utamanya Nightogrphy membuat video saat malam menjadi lebin mudah.  Dengan menggunakan AI, fitur Super Night Solution mampu mencerahkan malam sehingga Gadgetarian bisa menata menggunakan mode portrait tanpa kehilangan detail.

Pada sektor dapur pacu, Samsung S22 Ultra menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan teknologi fabrikasi 4 nm. Kemudian, untuk sektor daya, ponsel ini dibekali baterai 4.500 mAh yang sudah mendukung fast charging 45 Watt.  Dan tak lupa S Pen yang sudah terintegrasi memudahkan segala kegiatan seperti mengedit video bahkan membuat materi presentasi.

Vivo X80 5G

Vivo X80 mengusung kamera utama beresolusi 50 MP dengan sensor Sony IMX 866 RGBW, kamera ultra-wide 12 MP, dan kamera telefoto yang beresolusi 12 MP. Tak ketinggalan, ada pula kamera swafoto beresolusi 32 MP. Fitur kameranya turut didukung dengan beragam teknologi mumpuni, di antaranya adalah chip Vivo V1 Plus untuk menghasilkan video berkualitas tinggi, lensa dan fitur kamera berteknologi Zeiss, dan masih banyak lagi.

OPPO Find X5 Pro 5G

Salah satu ponsel yang menggandeng produsen kamera untuk mengembangkan teknologi kameranya adalah OPPO Find X5 Pro 5G yang menggandeng produsen pencitraan asal Jerman Hasselblad.  Ponsel kelas atas ini dibekali dua sensor Sony IMX766 dengan kamera belakang yang memiliki konfigurasi kamera utama (wide) 50 MP f/1.7, kamera ultra-wide 50MP f/2.2, dan lensa telefoto 13 MP f/2.4 dengan 2x perbesaran gambar. Kedua kamera utamanya juga sudah memakai sensor Sony IMX766.

Fitur kameranya juga dilengkapi teknologi Hasselblad Natural Color Calibration dalam Pro Mode serta berbagai filter yang unik dan inovatif. Dibenamkan pula chip Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X, yang menjadikan OPPO sebagai smartphone pertama yang memiliki fitur Ultra Night Video kualitas 4K dalam menyokong kemampuan videografi. Fitur 4K Ultra Night Video pada kamera wide dan ultra-wide menjadi andalan saat mengambil foto dan video pada malam hari.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *