Connect with us

News

Netzme Dorong Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan dengan Digitalisasi UMKM Jakarta

Published

on

Sektor UMKM yang menyokong lebih dari 60% perekonomian Indonesia kini didorong untuk melakukan digitalisasi layanan.  Upaya pemerintah ini sudah dilakukan dalam beberapa waktu lalu dengan tujuan agar UMKM Indonesia bisa lebih maju dan berkembang.  Upaya ini juga harus di dukung oleh pemerintah daerah karena upaya yang dilakukan pemerintah pusat tak akan maksimal jika tanpa dukungan dari pemerintah daerah.

Salah satu pemerintah daerah yang mendukung progra digitalisasi sektor UMKM adalah Pemerintah Propinsi DKI Jakarta yang dikenal dengan Jakpreneur.  Dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta yang ke-496, Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mengadakan “Bazar UMKM Jakpreneur Serentak Peserta Terbanyak di Indonesia” di 11 lokasi pada tanggal 22-23 Juni 2023.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Timur dan merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah Jakarta Timur dan Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Jakpreneur, yang juga didukung oleh perusahaan penyedia jasa pembayaran PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) ini merupakan salah satu usaha untuk digitalisasi sektor UMKM khususnya di Jakarta.  Netzme hadir  khususnya terkait dengan sistem pembayaran QRIS Jakpreneur.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur, Derliana Melinda Sagala, menjelaskan bahwa UMKM tidak hanya difasilitasi sarana tempat mereka berjualan, tetapi juga penerapan transformasi digital dengan menerapkan pembayaran cashless dengan metode QRIS payment. Selain itu perlu diapresiasi juga bahwa para UMKM yang terlibat didalam kegiatan bazar serentak ini juga sudah dilengkapi dengan BPJS ketenagakerjaan.

CEO PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), Vicky Ganda Saputra menjelaskan digitalisasi dapat membantu Dinas PPKUKM dalam mengumpulkan dan mengelola data UMKM. Sistem digital dapat menyederhanakan proses pendataan, memastikan akurasi data, dan memungkinkan Dinas PPKUKM untuk mengakses informasi dengan lebih cepat dan efisien. “Dengan data yang terkumpul secara digital, Dinas PPKUKM dapat melakukan analisa lebih mendalam sehingga mampu memberikan pendampingan khusus dan dorongan modal kepada UMKM yang membutuhkan dengan lebih tepat sasaran.”

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-496 DKI Jakarta, Netzme mempersembahkan solusi digital yang inovatif dan terjangkau untuk membantu UMKM mengoptimalkan potensi mereka. Kami percaya bahwa dengan terus mendorong digitalisasi, UMKM Jakarta dan seluruh Indonesia dapat naik kelas, menciptakan lapangan kerja lebih banyak, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Hal ini merupakan wujud komitmen Netzme untuk terus mendukung digitalisasi UMKM Indonesia,” tutup Vicky.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *