Connect with us

News

Kahoot! Dapat Meningkatkan Hasil Belajar

Published

on

Gadgetarian yang suka dengan game tebak-tebakan berhadiah pasti nggak asing dengan Kahoot.  Platform edukasi interaktif yang populer ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat termasuk untuk para pelajar.  Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa Kahoot!, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Laporan ini diterbitkan oleh WiKIT, lembaga penelitian Edtech independen internasional.

WiKIT memberikan bukti ilmiah yang kuat tentang manfaat Kahoot! dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode penelitian meta-analisis studi peer-review, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Kahoot! terbukti dapat membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

“Melalui pemaparan hasil dari meta-analisis studi peer-review independen mengenai pengaruh Kahoot!, para pendidik dan administrator saat ini dapat lebih yakin dalam menggunakan Kahoot! untuk meningkatkan prestasi akademik siswa,” kata Eilert Hanoa, CEO Kahoot! “Selama satu dekade, jutaan siswa dan guru di seluruh dunia telah menggunakan Kahoot! untuk berkreasi dan mengeksplorasi pengalaman belajar berbasis game yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini memberikan bukti kuat kepada para pendidik bahwa Kahoot! tidak hanya mendorong partisipasi, tetapi juga secara langsung meningkatkan pembelajaran siswa.”

Sejak peluncuran resminya pada tahun 2013, Kahoot! telah didukung dengan basis penelitian dan sertifikasi yang kuat, di antaranya adalah sertifikasi ICEIE Silver Badge dan ESSA Level III yang menunjukan keselarasan terhadap standar mutu pendidikan serta efektivitasnya dalam pembelajaran siswa. Selain itu, Kahoot! juga secara aktif terlibat dalam berbagai penelitian yang mengukur efektivitas pembelajaran berbasis game, salah satunya dengan melakukan penelitian berbasis meta analysis dengan WiKIT.

Pada laporan meta-analisis ini, WiKIT secara sistematis menganalisis 155 artikel dan 2070 responden penelitian peer-review yang melibatkan Kahoot! oleh para peneliti independen di seluruh dunia untuk menguji efek kuantitatif Kahoot! Di berbagai jenjang pendidikan pada hasil pembelajaran.

Melalui proses standarisasi dan konversi beragam metrik hasil belajar, WiKIT menemukan beberapa penemuan penelitiannya sebagai berikut:

  • Kahoot! meningkatkan hasil belajar siswa rata-rata 0,72 standar deviasi, setara dengan meningkatkan nilai ujian satu tingkat (Contoh: dari B ke A).

  • Kahoot! terbukti membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

  • Kahoot! merupakan alat pembelajaran yang signifikan dalam membantu siswa belajar lebih efektif di semua jenjang pendidikan, dari SD hingga perguruan tinggi.

Laporan tersebut menunjukkan bukti awal yang komprehensif bagi Kahoot! sebagai platform teknologi pembelajaran yang kuat di berbagai konteks pendidikan. Dalam laporannya, WiKIT juga merekomendasikan untuk melakukan penelitian peer-review lanjutan agar dapat meneliti lebih dalam tentang efektivitas Kahoot! di masa mendatang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *