Spacetime Cleaners, Shoot ‘em up dalam Kotak yang Seru Abis

Satu hal yang paling seru dari game ber-genre shoot ‘em up yakni hujan peluru dengan pendaran warna yang memeriahkan layar smartphone. Negatifnya, game seperti ini akan membuatmu mati berulangkali. Inilah yang akan Gadgetarian dapatkan kala memainkan Klee: Spacetime Cleaners.

Tujuan utama Gadgetarian yaitu meraih kembali inti energi dengan cara menghabisi musuh di setiap stage. Arena permainan yang disuguhkan hanya apa yang tersaji di layar. Di dalam stage kotak yang terbatas, Gadgetarian harus berakrobat-ria menembaki musuh sambil menghindari serbuan peluru musuh.

Klee: Spacetime Cleaners memadukan genre shoot ‘em up dengan platformer. Ada banyak pijakan untuk mencari sudut terbaik saat menembak yang bisa digunakan. Berbagai pijakan tersebut juga bisa digunakan untuk menghindari peluru musuh.

Gadgetarian tidak perlu pusing soal menembak karena karakter akan menembak secara otomatis. Gadgetarian hanya perlu melompat dan menghindar. Tersedia tombol untuk bergerak ke kanan dan kiri di sisi kiri bawah layar sementara di sisi kanan bawah layar tersedia tombol untuk melompat. Karakter bisa melompat dua kali atau Gadgetarian juga bisa merambat di dinding sambil melompat agar jangkauan lompatan lebih tinggi.

Grafis Klee: Spacetime Cleaners bernuansa ala game shoot ‘em up retro dengan desain level dan karakter yang mirip game jadul di PC. Setiap musuh memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang hanya diam sambil sesekali menembak, berjalan merambati dinding dan ada pula musuh yang mengejar sambil menghujani Gadgetarian dengan semburan peluru.

Setiap kali berhasil menghabisi musuh maka akan muncul koin yang bisa Gadgetarian pergunakan untuk membeli power-up agar kemampuan karakter meningkat untuk memasuki stage berikutnya.

Selain koin, Gadgetarian juga akan memperoleh berlian jika permainan berakhir. Semakin lama Gadgetarian mampu bertahan maka perolehan berlian akan semakin besar. Berlian bisa digunakan untuk upgrade karakter atau membuka karakter baru dengan kemampuan yang berbeda.

Klee: Spacetime Cleaners memiliki dua mode game yakni Chapter Challenge dan Infinity Mode. Dalam mode Chapter Challenge, Gadgetarian harus melewati stage demi stage sebelum akhirnya menghadapi boss fight. Sementara di mode Infinity, Gadgetarian hanya perlu bertahan selama mungkin untuk mendapatkan skor tertinggi.

Klee: Spacetime Cleaners cocok dimainkan di kala senggang. Namun bagi gamer kasual, meskipun tingkat kesulitannya masih wajar, saya pastikan akan kesulitan untuk beradaptasi, terutama dengan tombolnya yang seharusnya masih bisa dibuat lebih mudah karena dengan tiga tombolnya, Klee: Spacetime Cleaners sulit dimainkan hanya dengan satu tangan saja.

GRATIS
Apple App Store, Google Play