Realme C17 “Memori Ekstra Besar Baterai Sangar”

Tahun ini realme banyak mengeluarkan seri C dan C17 ini merupakan ponsel kelima seri C yang dikeluarkan realme selama 2020 ini. Selama ini realme C merupakan ponsel entry level dari realme dengan rentang harga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Namun kini ada yang mengejutkan dari realme karena mengeluarkan seri C dengan harga Rp 2 jutaan. Bahkan beberapa komponennya pun berkapasitas ekstra besar meskipun chipset yang digunakan tetap standar entry level. Jika seperti ini maka konsumen yang bakal diuntungkan. Nah seperti apa ponsel yang dalemannya ekstra besar ini, yuk simak ulasannya berikut.

Desain bodi belakang C17 sedikit berbeda dibanding seri lainnya terutama dalam hal komposisi kameranya. Pada C11, C12 dan C15 komposisi kameranya berada dalam satu kotak bujur sangkar yang membuat kami sempat berfikir bahwa inilah template kompisisi kamera seri C. Namun kehadiran C17 membuyarkan hal itu karena ternyata komposisi kameranya berbeda dari tiga seri sebelumnya. C17 memiliki komposisi empat kamera yang agak memanjang dengan tiga kamera berjajar vertikal serta satu LED flash light. Realme C17 memliki 3-Card Slot yang masing-masing untuk 2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot.

Bagian belakangnya didominasi oleh lapisan glossy yang sangat kinclong bagaikan kaca karena bodi belakangnya mampu memantulkan wajah kita. Kebetulan kami memegang realme C17 warna biru yang nampak mewah dengan label realme seperti seri C lainnya di pojok kiri bawah. Selebihnya tak ada lagi yang terlihat selain finger print yang samar terlihat di samping kamera. Bodinya yang full glossy membuatnya mudah meninggalkan bekas sidik jari kita, namun mudah dihapus dengan kain atau sekadar kertas tissue.

Sedangkan lis samping yang mengelilingi ponsel ini menggunakan warna yang sama namun dengan finishing doff yang membuat sedikit lebih nyaman di genggam. Dan seperti biasa terdapat speaker dan lubang USB Type C untuk pengisi daya dan port 3,5mm untuk earphone. Layar depannya sama dengan keempat C series lainnya dengan 6,5-inci 90Hz Ultra Smooth Display. Secara keseluruhan kesan yang ditampilkan ponsel ini adalah mewah dan elegan.

Nilai jual ponsel ini ada pada memori yang ekstra besar baik RAM maupun penyimpanan. Realme C17 memiliki RAM sebesar 6GB yang merupakan memori terbesar di kelasnya karena umumnya hanya 4GB. Dengan RAM sebesar ini C17 akan bisa digunakan untuk bermain game dengan lebih lancar. Saat digunakan untuk bermain game balapan Mario Kart, sangat lancar digunakan dengan grafis yang menawan. Apalagi layarnya memiliki refresh rate sebesar 90Hz Ultra Smooth Display bermain game balapan jadi menyenangkan.

Selain RAM, C17 juga memiliki ruang penyimpanan yang sangat luas di kelasnya yaitu sebesar 256GB yang juga terbesar dikelasnya karena umumnya ponsel di kelas ini menggunakan ruang penyimpanan hanya 64GB atau paling besar 128GB. Dengan ruang penyimpanan sebesar ini Gadgetarian bisa menyimpan banyak game serta foto dan video. Dan hebatnya, konfigurasi memori 6GB/256GB hanya ada di Indonesia.

Baca juga: Realme 7i “Sang Power Master”

Sedangkan untuk dapur pacunya, realme C17 mengadopsi prosesor Snapdragon 460. Prosesor ini dibuat dengan menggunakan proses 11nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. Chip ini juga dilengkapi dengan struktur Kryo 240 di CPU dan GPU Adreno 610. Dengan kombinasi LPDDR4x dan UFS 2.1, realme C17 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pengguna. Prosesor yang cukup bertenaga ini tak hanya bakal membuat bermain game menjadi lebih menyenangkan namun juga

Meskipun bukan yang utama, namun realme tetap membenamkan kamera berkualitas pada C17. Ponsel ini dipersenjatai oleh empat kamera berkekuatan 13MP serta beberapa kamera lainnya berkekuatan 8MP dan 5MP. Kamera C17 memiliki lensa sudut-ultra lebar seluas 119° dan juga untuk bokeh berkekuatan 2MP. Ponsel ini memiliki beberapa fitur kamera seperti Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra-wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, Portrait Mode.

Beberapa mode yang ada pada kamera diantaranya Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR, Face-Recognition, dan juga beberapa Filter. Ada pula mode Nightscape yang akan membuat realme C17 menjadi night shooter terbaik di segmen ini. Algoritma mode Nightscape yang akan mengambil beberapa foto dalam pencahayaan berbeda, lalu menggabungkannya menjadi satu bidikan tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto. Hasilnya, bidikan malam hari akan menjadi jauh lebih terang dan jernih.

Harga
Rp 2.799.000

Kesimpulan
Realme C17 merupakan ponsel menengah bawah dengan memori terbesar. Selain memori, desain yang anggun dan mewah menjadi nilai jualnya di rentang harga Rp 2 jutaan. Ponsel ini cocok untuk Gadgetarian yang mencari ponsel di kelas yang lebih advance dari entry level namun dengan harga yang lebih terjangkau dibanding ponsel kelas menengah.

Hasil foto

Spesifikasi
Dimensi/Berat:
164.1mm x 75.5mm x 8.5-8.9mm/188g
Processor:
Snapdragon 662, Kryo 240, Octa-core, up to 2.8GHz, Adreno 610
Memori:
6GB LPDDR4x dual-channel RAM, 256GB ROM UFS 2.1
Layar:
90Hz Ultra Smooth Display, 6.5” (16.5cm) Fullscreen, 1600*720 FHD+, 90% Screen-to-body ratio, Corning Gorilla Glass 3
Kamera:
13MP AI Quad Camera f/2.2, 5P lens, 8MP Ultra wide-angle Lens FOV 119°, f/2.2, 5P lens, 2MP B&W Portrait Camera f/2.4, 3P lens, 2MP Macro lens 4cm focus, f/2.4, 3P lens
In-display Selfie:
8MP Primary camera FOV 78.5°, f/2.0, 5P lens
Video:
Support 1080P/30fps, 60fps video recording
Support 720P/30fps, 60fps video recording
Baterai:
5000mAh, 18W Fast Charge, USB Type-C port
Warna:
Navy Blue and Lake Green