Advan G9 Tampil Menawan

Advan terus menggenjot produksinya untuk mengeluarkan produk baru diakhir 2020 ini. Setelah beberapa hari lalu meluncurkan entry level paling terjangkau Nasa Plus kini Advan mengeluarkan G9. Produsen ponsel nasional ini memang harus rajin mengeluarkan produk baru agar tetap eksis tak dilupakan penggemarnya. Advan G9 merupakan penerus seri G5 yang keluar hampir setahun yang lalu dengan desain yang lebih eyecatching. Bagaimana kinerja dan fitur yang ditawarkan Advan G9, yuk simak ulasannya berikut.

Penampilan adalah satu hal yang tidak boleh dipandang remeh, karena penampilan menentukan pilihan. Untuk itulah Advan menerapkan desain glossy pada bagian belakangnya serta efek garis yang mengarah pada komposisi empat kamera di kanan atas ponsel. Hal ini memberikan efek pancaran matahari ke seluruh bodi ponsel. Bodi belakangnya yang full glossy tak membuatnya licin saat digenggam. Terbukti ketika mengambilnya dari meja tak ada kesulitan sedikitpun untuk langsung menggenggamnya.

Baca juga: Advan Nasa Plus “Smartphone Terjangkau untuk Aktivitas Belajar Online”

Seperti ponsel lainnya, layar depan G9 juga didominasi layar berukuran 6,6 inci dengan resolusi layar 720 x 1600 piksel. Sementara diatasnya terdapat kamera depan dengan desain dew drop. Sedangkan disekelilingnya terdapat tombol volume dan power serta colokan daya yang menggunakan USB type c di bagian atas seperti ponsel Advan lainnya. Sedangkan dibawah hanya tersedia speaker eksternal dan mic. Sedangkan slot memori dan SIM card tersedia di samping kiri. Baterai yang cukup besar juga membuat Advan G9 memiliki berat yang hampir 200gr yang mirip dengan berat ponsel-ponsel entry level lainnya.

Advan G9 menggunakan prosesor favoritnya yaitu Unisoc OctaCore A55 1.6GHz+1.2GHz. Prosesor asal Tiongkok ini sudah sering digunakan Advan untuk ponsel-ponselnya. Lalu bagaimana kinerjanya? Saat kami uji benchmark menggunakan Geekbench 5, Advan G9 memperoleh poin yang tidak terlalu tinggi. Tapi tunggu dulu, ketika kami coba untuk bermain game aspalt 8 kinerjanya sangat baik dan lancar. Memacu mobil berkecapat tinggi nampak nyaman tak ada lag dan berjalan mulus. Bermain menggunakan sensor gerak juga berjalan lancar dan responsif.

Nampaknya dukungan RAM 4GB + ROM 32GB cukup membantu kinerja G9. Gadgetarian juga bisa menambahkan memori dengan memori eksternal hingga kapasitas 128GB, yang membuat penyimpanan di G9 makin lega. Dengan tambahan memori eksternal ini Gadgetarian bisa mengoleksi foto lebih banyak. Bahkan jika Gadgetarian membuat video juga bisa menyimpan banyak koleksi video. Advan G9 juga sudah menggunakan Android 10 dengan UI mengadopsi One UI.

Kamera utama Adan G9 memiliki sensor berkekuatan 13MP dengan dukurgan 3 kamera lainnya. Walau tak ada yang istimewa namun kamera Advan G9 memiliki fitur yang cukup lengkap untuk kelas entry level. Kamera ini memiliki fitur kecantikan, HDR serta tersedianya beberapa mode kamera seperti mode malam, panorama, manual hingga burst. Mode burst yang tersedia pada G9 cukup responsif dan mampu mengambil gambar berurutan dengan cukup baik.

Mode malam yang ada pada G9 cukup baik mengambil gambar di dalam temaramnya suasana. Dengan cahaya yang minim kamera G9 masih mampu menangkap subyek yang ada di hadapannya dengan cukup jelas. Gambar yang dihasilkan dari kamera utama ponsel ini terutama pada siang hari atau pada subyek yang cukup cahaya cukup tajam walau agak lama dalam menentukan fokus. Sehingga Gadgetarian tidak bisa langsung melakukan jepretan pada kamera atau ada sedikit jeda.

Sedangkan kamera depannya dengan sensor berkekuatan 5MP sangat pas untuk selfie di luar ruangan atau tempat yang berlimpah cahaya. Foto wajah terlihat cukup tajam dan jangan lupa untuk mengaktifkan fitur kecantikan agar kulit wajah menjadi halus. Kamera depan juga berfungsi sebagai autentifikasi wajah atau membuka kunci layar dengan memindai wajah. Proses pemindaian wajah saat membuka kunci layar cukup cepat begitu juga saat perekaman wajah. Syaratnya hanya satu, cahaya yang cukup.

Baterai yang juga menjadi salah satu selling point dari Advan G9 terbilang irit daya. Karena dapat digunakan selama beberapa hari menggunakan WiFi dengan sekali mengisi daya. Jika dihitung, Advan G9 mampu digunakan selama 4 hari dengan kondisi mulai dari 70%, bagaimana jika 100% ya. Hal ini karena memang tidak banyak aplikasi yang digunakan dan hanya sesekali digunakan untuk bermain game.

Harga:
Rp 1.399.000

Kesimpulan
Secara keseluruhan Advan G9 memiliki kekuatan pada harga yang sangat terjangkau dengan desain yang menarik. Baterai juga menjadi salah satu kekuatannya karena G9 memiliki baterai yang ekstra besar mungkin terbesar di kelasnya.

Spesifikasi
Dimensi: 163.9 x 76.3 x 9.5 mm
Berat: 190gr
OS: Android 10
Layar: 6.6”, HD+, 720×1600 piksel
Network: GSM/HSPA/LTE
Chipset: CPU UNISOC Octa-core
Memori: 4GB RAM, 32GB ROM
Kamera depan:  5MP
Kamera utama: Quad Camera 13MP+0.3MP+0.3MP+0.3MP
Battery: 5200 mAh

Hasil foto Advan G9

Auto, outdoor siang

Mode malam

Selfie

Share