Unreal Engine, Adopsi Teknologi Video Game untuk Media Hiburan

Membuat sebuah animasi merupakan sebuah hal yang mewah karena tidak semua orang bisa dan membutuhkan biaya mahal terkait perangkat dan teknologi yang digunakan.  Namun itu sepuluh atau lima belas tahun yang lalu.  Kini Visualisasi kreatif sudah berevolusi secara besar-besaran dari animasi 3D dan imaging software yang menciptakan karakter Disney dan Pixar, hingga tools baru yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Visual Reality (VR) demi menciptakan dunia baru yang imersif.

Kini perkembangan sudah sedemikian pesat yang didorong oleh makin baiknya kinerja komputer sehingga mendorong teknologi rendering real time yang memungkinan animasi dan grafis dihasilkan tanpa harus menunggu lama.  Dengan demikian kini kita seperti menemukan titik temu antara kreatifitas dan teknologi yang semakin terjangkau.   Teknologi visualisasi seperti AR dan VR serta real time rendering kini bisa menjadi kelengkapan bagi content creator, produser serta penyelenggara acara dan komunikator menghidupkan visi mereka dengan cara yang sederhana sehingga menghadirkan konten canggih, pengalaman interaktif dan dunia virtual yang imersif.

Unreal Engine dari Epic Games adalah jajaran lengkap alat pengembangan berkualitas tinggi bagi mereka yang ingin memanfaatkan solusi teknologi real time, baik di telepon genggam, PC, konsol, platform AR dan VR. Mulai dari visualisasi desain hingga pengalaman sinematik yang imersif, creator kini bisa memanfaatkan teknologi Unreal untuk visualisasi photorealistic, desain produk interaktif, film, produksi virtual, siaran TV realitas campuran dan kebutuhan hiburan animasi.

Unreal Engine kini menjadi sekutu kreatif strategis bagi creator dan inovator di era digital. Khusus di industri yang sifatnya teknis, kaku dan membutuhkan banyak waktu seperti media dan hiburan, Unreal sudah menjadi revolusioner dalam mentransformasi alur kerja, memungkinkan pengguna untuk mewujudkan imajinasi dan visi mereka jadi lebih hidup dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Salah satu sutradara kenamaan Upie Guava merupakan salah satu kreator yang mampu mewujudkan imajinasinya dalam konten buatannya dengan Unreal Engine.  Dengan teknologi ini Upie dapat membuat video klip keren Noah dalam waktu singkat dengan ruang shooting hanya selebar 5×5 meter.  Video klip Armand Maulana yang berjudul Be With You merupakan salah satu karya Upie lainnya dengan Unreal Engine.  Dengan teknologi ini mampukan Indonesia membuat film fiksi ilmiah yang selama ini mustahil dilakukan oleh kreator Indonesia? Semoga.

Start typing and press Enter to search