Connect with us

Product Info

Uji Kamera Smartphone Rp 2 Jutaan

Published

on

Kami berkesempatan mereview kamera 5 ponsel dengan rentang harga Rp 2 jutaan.  Kelima produk yang kami tampilkan layak Gadgetarian pertimbangkan untuk diburu. Fitur, kemampuan serta harga produk-produk ini terbilang ideal guna menunjang aktivitas fotografi. Buat Gadgetarian yang ingin membeli ponsel kamera dengan budget terbatas bisa simak ulasan berikut.  Yuk kita langsung saja tengok ponsel-ponsel keren ini!

Samsung Galaxy M20
Ponsel pintar yang mengusung layar dan baterai besar ini disiapkan untuk menyasar segmen kelas menengah dengan harganya yang terjangkau. Tampil dengan desain notch bergaya “dew drop” atau Infinity-V, M20 tampak kekinian dan tak kalah dengan ponsel-ponsel asal Tiongkok.

Smartphone yang mengusung prosesor Exynos 7904 ini punya fitur kamera yang juga menarik. M20 dilengkapi dengan kamera ganda, masing-masing beresolusi 13 megapiksel dengan aperture F/1.9 dan 5 megapiksel yang didukung dengan lensa Ultra Wide untuk menghasilkan foto dengan sudut area pandang lebih luas. Tak ketinggalan, kamera utamanya juga dibekali dengan fitur Live Focus yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek bokeh. Hanya saja kita tidak bisa mengatur tingkat keburaman bokeh di ponsel ini.

Untuk kamera depannya, M20 memiliki kamera beresolusi 8 megapiksel yang memiliki 3 pilihan mode, yakni Live Focus, Selfie dan Stiker. Jadi, Gadgetarian juga bisa membuat foto bokeh dengan kamera depannya. Menariknya lagi, baik kamera depan maupun kamera utamanya memiliki kemampuan untuk merekam video beresolusi Full HD.

Harga: Rp 2.649.000 (3/32 GB)
WWW.ERAFONE.COM

Foto bokehnya (atas) terlihat baik dengan batas antara foreground dan background yang lembut. Hasi foto saat senja yang mampu menampilkan gambar dengan warna natural.

RealMe 3
Terkesima dengan fitur Night Sight yang ada di ponsel Google Pixel tapi tak punya dana buat menebusnya? Tak usah pusing, dengan harga yang jauh lebih terjangkau Realme 3 menawarkan hal yang hampir sama dengan ponsel besutan Google tersebut. Smartphone ini memiliki kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel f/1.8 dan 2 megapixel yang berguna untuk membantu menciptakan foto dengan efek bokeh. Sementara di depan, Realme menyediakan kamera selfie 13 megapixel f/2.0.

Fitur kamera Realme 3 sudah didukung dengan AI Scene Recognition yang mampu mengenali 16 skenario pemotretan sehingga dapat secara otomatis memilih pengaturan yang sesuai dengan kondisi dan subyek saat memotret. Namun yang paling menarik di kamera ponsel ini adalah mode Nighscape yang dapat membantu kita memotret dengan baik di kondisi low-light via bantuan AI dan pemrosesan multi-frame. Artinya, Nightscape akan menggabungkan beberapa foto dengan exposure berbeda menjadi satu foto yang memiliki dynamic range lebih luas.

Harga: Rp 1.999.000
REALME INDONESIA

Untuk selfie, Realme 3 menampilkan gambar yang cerah dan cahaya yang cukup (atas). Realme 3 dilengkapi dengan fitur mode malam (bawah)

Oppo A5s
Smartphone ini memiliki dua kamera belakang masing-masing beresolusi 13 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan 2 megapiksel dengan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Sedangkan untuk kamera depannya, A5s sudah dibekali dengan kamera beresolusi 8 megapiksel yang memiliki fitur HDR. Selain itu, kamera swafoto ini juga didukung teknologi AI Beautification 2.0.Kedua kamera A5s, baik depan dan belakang sudah dapat digunakan untuk mengambil foto dengan efek bokeh.

Sedangkan untuk kinerjanya, ponsel ini ditenagai chipset Mediatek Helio P35 dengan kecepatan clock hingga 2,3 GHz. Chipset tersebut didukung RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Oppo A5s dijalankan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dilapis tampilan antarmuka ColorOS 5.2. Baterainya sendiri berkapasitas 4.230 mAh.

Harga: Rp 2.099.000 (RAM 3GB)
OPPO INDONESIA

Oppo nampaknya memang jagonya selfie untuk semua lini, kamera depannya menghasilkan foto yang terang walau menggunakan cahaya ruangan.

Nokia 5.1 Plus
Ponsel pintar berbasis OS Android murni ini tampil memikat dengan desain kaca di depan dan belakangnya. Selain penampilannya yang memikat, Nokia 5.1 Plus punya performa oke dengan dukungan prosesor octa-core MediaTek Helio P60 dengan RAM 3GB dan memori internal 32 GB.

Kamera utama ponsel ini beresolusi 13 megapiksel dengan dukungan fitur phase-detection autofocus dan bukaan f/2.0, ditemani kamera sekunder 5 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh. Fitur Bothie juga dapat ditemukan di ponsel ini, yang memungkinkan kita mengambil foto, video maupun live-streaming menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus. Ada pula fitur lainnya seperti beautify dan augmented reality masks yang dibantu oleh AI.

Untuk kamera depannya beresolusi 8 megapiksel f/2.2 dengan lensa yang cukup lebar. Kamera depan 5.1 Plus juga sudah bisa mengambil foto dengan efek bokeh . Untuk perekaman video, kamera utamanya mampu merekam hingga resolusi 1080p dan 720p untuk kamera depan.

Harga: Rp 2.299.000
NOKIA INDONESIA

Salah satu kelebihan Nokia adalah kamera bothie yang mampu menampilkan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Dan hasil kamera belakang Nokia 5.1 Plus juga oke untuk suasana yang temaram.

Asus Zenfone Max Pro M2
Berlabel brand Max Pro, ponsel ini merupakan lini produk Asus yang unggul dari sisi fitur baterai, layar dan kameranya. Bicara soal kameranya, Max Pro M2 sudah mengusung sensor Sony IMX 486 yang peka terhadap cahaya serta dilengkapi dengan teknologi Phase detection autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS).

ZenFone Max Pro M2 memiliki kamera ganda di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 12 megapiksel f/1.8 yang dapat menangkap video 4K dan kamera bersensor kedalaman (depth sensor) 5 megapiksel yang memungkinkan kita mengambil gambar dengan efek bokeh. Babnyak pihak yang mengatakan kualitas jepretan M2 jauh lebih baik dari varian terdahulu berkat hadirnya sensor Sony.

Sedangkan untuk kamera depannya, Max Pro M2 dibekali dengan kamera beresolusi 13 megapiksel dengan aperture f/2.0. Kamera depan ini memiliki fitur Beauty yang bisa membuat wajah kita tampil lebih apik saat dipotret. Agak disayangkan, kamera depan M2 tidak memiliki fitur bokeh.

Harga: Rp 2.799.000 (3/32 GB)

Hasil foto kamera depan Zenfone Max Pro

Itulah tadi hasil tes kamera 5 ponsel Rp 2 jutaan yang memiliki klebihannya masing-masing.  Dari hasil yang kami tampilkan silakan Gadgetarian nilai sendiri dan pilih sesuai selera. Salam.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *