Teknologi Anti Kamera Milik Apple

apple-iphone-patentRemaja-remaja yang menonton konser band dan penyanyi favorit di era 90an benar-benar menikmati musik dan penampilan atraktif yang disuguhkan dalam arti yang sebenarnya. Mereka datang karena memang ingin melihat aksi panggung musisi pujaan mereka di atas panggung sambil sesekali sang musisi melompat ke arah penonton yang disambut dengan uluran tangan dan teriakan heboh para penonton. Namun, di era digital saat ini hal itu sudah hilang. Semua pengunjung yang datang tidak benar-benar menikmati musik yang dimainkan karena mereka malah sibuk memegang gadget mereka dengan dua tangan dan merekam aksi pertujukan yang ditampilkan. Lalu, mereka share video tersebut di media sosial.

Para musisi pun melemparkan protes karena pertama, aksi panggung mereka menjadi mubazir karena penonton sibuk sendiri dengan gadget mereka. Kedua, penjualan tiket konser pun menurun karena video-video aksi panggung mereka dapat dengan mudah dilihat di Youtube dan media sosial lainnya. Apple pun mematenkan teknologi terbaru yang memungkinkan fitur kamera pada iPhone diblokir sinar infra merah yang digunakan venue-venue untuk mematikan fungsi kamera pada ponsel.

Belum ada konfirmasi dari Apple tentang kapan teknologi anti kamera ini akan diterapkan. Namun kalau memang teknologi ini mulai resmi digunakan, apakah hanya pengguna iPhone saja yang bisa dimatikan fungsi kameranya saat menonton konser? Bagaimana dengan pengguna Android? Apakah akan ada teknologi serupa yang akan diterapkan di perangkat robot hijau tersebut?