A Quiet Place “Jangan Bersuara”

Sebuah keluarga kecil di suatu pedesaan berusaha bertahan hidup dengan cara mengeluarkan suara sekecil mungkin saat beraktivitas apapun, bahkan saat berbicara pun sebisa mungkin menggunakan bahasa isyarat. Itu semua terpaksa mereka lakukan karena adanya teror dari monster yang akan menyerang jika mendengar suara.

Sialnya, saat Lee Abbott (John Krasinski) pergi mencari makanan bersama anak laki-lakinya, Marcus Abbott (Noah Jupe), sang istri, Evelyn Abbott (Emily Blunt) yang tinggal di rumah bersama anak perempuannya Regan Abbott (Millicent Simmonds) yang tunarungu sedang hamil anak ketiga dan tanpa sengaja ia membuat gaduh saat ingin melahirkan dan memancing monster keluar dari persembunyiannya.

A Quiet Place hasil garapan John Krasinski selaku sutradara dan pemain mendapatkan respon yang sangat positif saat pemutaran perdananya di South by Southwest (SXSW). Chemistry yang dihasilkan dengan Emily Blunt sebagai pasutri sangat mendalam karena mereka memang pasangan suami istri di dunia nyata.

Mempertahankan hidup dari segala ancaman dengan tidak membuat suara tentunya menjadi premis yang menarik, walaupun hal yang serupa sudah lebih dulu dihadirkan di Don’t Breathe tahun 2016 lalu. Namun, meskipun film tidak memiliki kedalaman kisah, Krasinski cerdas dalam mengeksekusi momen mendebarkan dengan sangat efektif terlepas dari beberapa plot hole yang muncul.

Penonton akan ikut menahan nafas saat para tokohnya beraktivitas dalam keheningan dan ikut merasakan kengerian saat salah satu tokohnya tanpa sengaja membuat suara yang mengancam keselamatan mereka. Ikatan yang kuat antara para tokohnya dan penonton inilah yang membuat A Quiet Place tampil kuat dalam menghadirkan teror tanpa perlu mengumbar jump scare murahan.

Selain kelihaian dalam menghadirkan teror yang merangkak secara perlahan, akting para pemainnya juga jelas patut mendapat acungan jempol. Emily Blunt dan John Krasinski tampil meyakinkan sebagai istri yang hamil di tengah ancaman monster dan suami yang rela melakukan apapun demi keselamatan keluarganya. Begitu pula dengan Noah Jupe dan Millicent Simmonds, terutama Millicent yang benar-benar tunarungu sehingga para aktornya benar-benar harus belajar bahasa isyarat agar semakin mendalami peran.

Pada akhirnya walaupun A Quiet Place memiliki beberapa plot hole dan kurangnya kedalaman cerita, tetapi karakterisasi yang kuat dan sisi emosional yang menyentuh menciptakan ikatan yang juga sama kuatnya dengan penonton. Itulah yang menyelamatkan film ini. Namun tentu saja, horor yang ditebarkan dengan sangat elegan ke para penontonlah yang menjadikan A Quiet Place sebagai film thriller terbaik di 2018.

A Quiet Place
Genre: Drama, Horor, Thriller
Cast: John Krasinski, Emily Blunt, Noah Jupe, Millicent Simmonds