Browser Edge “Rasa” Chrome Sudah Bisa Diunduh

Dalam beberapa bulan terakhir, Microsoft terus menggarap peramban baru berbasis Chromium –basis yang juga digunakan oleh Chrome milik Google– yang akan menggantikan browser Edge mereka di Windows 10. Belum lama ini, Microsoft telah berhasil membuat Edge berbasis Chromium baru dan menyediakannya untuk diunduh bagi pengguna yang ingin “mencicipinya”.

Edge baru berbasis Chromium ini sementara hanya kompatibel untuk OS Windows 10, dan Microsoft menyediakannya dalam dua versi, yakni “Dev Channel (Dev) ” dan “Canary Channel (Can)”. Versi Dev akan diperbaru sepekan sekali, sementara versi Can setiap hari. Tentu saja, sedikit lebih aman menggunakan Dev Channel ketimbang Canary.

Sementara untuk versi beta-nya, akan tersedia dalam beberapa pekan mendatang, dan nantinya versi Beta akan mendapat pembaruan selama 6 pekan sekali yang tentu lebih stabil ketimbang Dev Channel. Pilihan versi unduhan Edge baru ini setali tiga tuang dengan yang diterapkan Google pada broswer Chrome-nya.

Meski kedua versi Edge baru ini lebih ditujukan bagi para pengembang, namun menurut beberapa pengguna yang sudah mencobanya, browser sudah cukup stabil untuk digunakan menjelajah dunia maya. Gadgetarian bahkan bisa memasang ekstensi Google Chrome dari Toko Web Chrome, meskipun tidak semua ekstensi dapat berfungsi normal.

Sejauh ini, Edge baru berbasis Chromium ini menunjukkan kinerja yang lebih baik pada Windows 10 ketimbang Google Chrome. Meski Edge baru sementara ini hanya tersedia untuk Windows 10, Microsoft  berjanji akan merilis versi yang kompatibel dengan versi Windows lainnya, termasuk Windows 7 dan bahkan macOS. Sayangnya, tidak ada rencana untuk mengeluarkan versi Linux.

Buat Gadgetarian yang penasaran dengan Edge rasa “Chrome” ini bisa langsung mengunduhnya di tautan ini