Samsung Galaxy Note 10 Lite Siap Bertarung di Indonesia

Setelah beberapa waktu lalu diperkenalkan di ajang CES 2020 di Amerika Serikat, kini Samsung secara resmi mengumumkan akan memasukkan Galaxy Note 10 Lite ke pasar Indonesia.  Walau belum diketahui berapa harga jualnya di Indonesia, ponsel yang secara resmi akan mulai dijual di Indonesia mulai 5 Februari 2020 eksklusif di seluruh jaringan Erajaya Group (Erafone, Samsung Store by NASA, Urban Republic, eraspace.com ini dipastikan akan lebih terjangkau dibanding Galaxy Note 10.

Galaxy Note 10 Lite yang merupakan versi downgrade dari Galaxy Note 10 ini memiliki beberapa perbedaan dibanding Galaxy Note 10 seperti pada memori, chipset, dan CPU.  Sedangkan pada kamera depan, OS, dan baterai, Galaxy Note 10 Lite justru mengalami upgrade dibanding Galaxy Note 10.  Bahkan ukuran Galaxy Note 10 Lite lebih besar dibanding Note 10 Lite.  Ada kemungkinan juga Samsung akan membatasi beberapa aplikasi atau fitur-fitur premum yang ada di Galaxy Note 10 untuk tidak dimasukkan ke Galaxy Note Lite.

Kehadiran Galaxy Note 10 Lite ke Indonesia ini sempat menjadi pertanyaan dan keraguan apakah akan sukses di Indonesia? Hal ini mengingat beberapa waktu sebelumnya Samsung juga memperkenalkan dua ponsel kelas menengahnya di Indonesia yaitu Galaxy A51 dan Galaxy A71.  Ketiga ponsel yang hadir secara bersamaan di awal tahun ini dikawatirkan akan mengulang kisah kelam Samsung di tahun 2019 lalu yang dilibas para pesaingnya di Indonesia.

Banyak pengamat yang menilai kegagalan Samsung mempertahankan singgasananya di pasar ponsel Indonesia karena Samsung yang terlalu cepat mengeluarkan produknya di awal tahun dan kehabisan peluru di penghujung tahun. Semoga ini bukan kesalahan yang kedua kalinya dibuat Samsung di tahun 2020.