Samsung Galaxy M11, Anti LowBatt Harga Bersahabat

Desain 4
Fitur 3
Kinerja 3
Harga 4

Gencarnya Samsung membombardir pasar ponsel Indonesia terus berlanjut. Setelah mengeluarkan ponsel Galaxy seri A dan beberapa waktu lalu juga mengeluarkan M21, kini Samsung juga mengeluarkan ponsel entry level seri M. Ponsel seri M dikenal sebagai ponsel yang memiliki kekuatan daya baterai yang kuat. Karenanya beberapa seri M terdahulu seperti M31 ataupun M30 memiliki baterai yang ekstra besar yaitu 6000 mAh. Ponsel entry level yang diperkenalkan ke pasar ponsel nasional ini adalah Galaxy M11. Ponsel ini merupakan ponsel entry level Samsung dengan kapasitas baterai terbesar dibanding A01 maupun A10. Seperti apa Samsung Galaxy M11 ini, yuk simak ulasannya berikut.

Sebagai ponsel entry level, Galaxy M11 memiliki tampilan yang cukup mempesona. Hal ini karena M11 mengadopsi desain ponsel Samsung kelas menengah lainnya seperti seri A maupun seri M terdahulu. Ukuran layarnya yang besar dengan desain kamera depan Invinity O membuat tampilannya seperti ponsel mahal. Apalagi ketika digenggam, bobotnya tak seperti ponsel entry level lainnya yang terasa ringan. Galaxy M11 memang memiliki bobot lebih berat dibanding ponsel lain sekelasnya bahkan dengan saudaranya Galaxy A10. Namun jangan diartikan bahwa Galaxy M11 beratnya membuat Gadgetarian pegal saat membawanya. Karena meskipun berat ponsel ini mantap di genggam dan saat dibawa.

Ada beberapa warna yang tersedia, kebetulan kami memiliki M11 yang berwarna metallic blue. Warnanya terasa maskulin dengan finishing doff membuatnya makin nyaman digenggam karena tak meninggalkan rasa licin pada bodi belakangnya. Triple camera dengan LED flash light menghiasi bagian belakang Galaxy M11 di pojok kiri atas. Sementara fitur finger printnya samar-samar terlihat di tengah yang tak mudah dilihat namun mudah ditemukan saat diraba. Sementara sisi-sisi lainnya sama dengan lainnya hanya saja agak kaget dengan lubang pengisian daya. Hal ini karena biasanya ponsel entry level menggunakan mini USB namun kini M11 menggunakan port USB type C.

Memori yang disediakan Samsung pada Galaxy M11 juga cukup premium karena menggunakan ROM sebesar 32GB serta RAM sebesar 3GB. Memori sebesar ini terbilang besar bagi ponsel entry level karena masih banyak yang menggunakan RAM sebesar 2GB bahkan dengan ROM sebesar 16GB. Namun jika melihat harganya memang sudah sepantasnya Galaxy M11 menggunakan RAM sebesar 3GB dan ROM sebesar 32GB. Namun di jaman sekarang ini, RAM 4GB sangat ideal untuk ponsel mengingat banyak aplikasi yang menyedot memori sayangnya Galaxy M11 hanya tersedia varian RAM 3GB. Tapi buat Gadgetarian yang menggunakan ponsel untuk medsos atau hiburan ponsel ini sudah pas kok.

Galaxy M11 menggunakan chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450, Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53. Dengan komposisi seperti ini membuka banyak aplikasi rasanya masih mampu dan tanpa kendala. Saat kami coba untuk untuk membuka lima game yang tersedia dan kami maankan secara bergantín, kinerjanya tak berpengaruh. Semuanya berjalan dengan lancar meski sekaligus dengan membuka aplikasi medsos. Jadi Gadgetarian tak usah kuatir jika ingin main beberapa game sambil chatting.

Kalau soal baterai, Galaxy M11 memang memiliki baterai yang besar di kelasnya. Saat pengisian daya dari 50% hingga penuh, ponsel ini membutuhkan waktu 1jam. Sehingga jika dalam keadaan kosong, Gadgetarian harus menyediakan waktu sekira 2 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Konsumsi dayanya pun cukup ideal atau tidak boros, karena jika Gadgetarian menggunakan internet yang kualitas jaringannya baik maka ponsel ini akan menggunakan daya baterai lebih sedikit. Jika Gadgetarian menggunakan WiFi untuk internet maka daya baterai yang digunakan juga akan lebih besar atau jika Gadgetarian berbagi sambungan internet dengan mengaktifkan hotspot.

Namun meski menggunakan WiFi atau nebeng internet daya baterai yang digunakan juga tak terlalu boros kok. Jika kondisi baterai penuh dan kualitas WiFi yang kuat maka Galaxy M11 tak akan menghabiskan daya yang terlaulu besar. Gadgetarian bisa menggunakan ponsel ini dengan terkoneksi WiFi seharian penuh dari pagi hingga malam sebelum tidur, itupun masih ada sisa yang cukup besar sekira 20%. Galaxy M11 ternyata menggunakan fast charging untuk pengisian dayanya walau dengan kekuatan 15watt namun sudah cukup mempercepat pengisian daya.

Kamera Galaxy m11 cukup menarik karena hasil jepretannya tidak mengecewakan. Dengan kamera utama yang memiliki apperture f/1.8 membuatnya bisa memotret subyek gambar dengan kecerahan yang baik. Hasil foto indoor triple camera Galaxy M11 sangat jelas walau hanya menggunakan cahaya satu lampu ruangan saja. Warna yang dihasilkan pun sangat natural sama dengan aslinya hanya saja lebih cerah. Walau disediakan lampu LED untuk menambah cahaya saat memotret nampaknya Gadgetarian tak akan banyak membutuhkannya.

Ketiga lensa yang tersedia pada Galaxy M11 salah satunya memiliki fungsi sebagai kamera wide angle. Kamera ini memiliki lensa berukuran 14mm yang lebih dari cukup untuk mengambil gambar dalam sudut yang lebar. Fitur-fitur kamera yang disediakan pun cukup banyak ditambah dengan beberapa mode pemotretan seperti panorama, manual hingga focus live. Walau tak sebagus kamera utama, kamera depan juga sudah cukup buat Gadgetarian berselfie ria. Apalagi dengan apperture f/2.0 serta menggunakan lensa wide pas untuk berfoto bersama atau wefie dengan sudut yang lebar.

Harga
Rp 2.099.000

Hasil foto

Kesimpulan
Galaxy M11 merupakan ponsel yang cocok untuk dibawa perjalanan jauh. Hal ini karena kapasitas baterainya yang besar serta penggunaan dayanya yang hemat. Gadgetarian bisa mengandalkannya walau seharian harus terkoneksi dengan WiFi maupun dengan koneksi internet yang tidak stabil.

Spesifikasi
Dimensi/Berat:
161.4 x 76.3 x 9 mm/197gr
Layar:
6,4”, 720 x 1560 piksel, 19.5:9 rasio
Chipset:
Qualcomm SDM450 Snapdragon 450, Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
OS:
Android Versi 10, ONE UI 2.0
Memori:
3GB RAM, 32GB ROM
Kamera:
13 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
5 MP, f/2.2, 14mm (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (depth)
Selfie:
8 MP, f/2.0, (wide)
Video:
1080p@30fps
Baterai:
5000 mAh
Koneksi:
USB Type C