Begini Rasanya Memegang Samsung Galaxy Z Fold 2

Bagaimana rasanya memegang ponsel seharga Rp 33,8 juta? Jawabannya biasa saja haha. Kami berkesempatan menjajal ponsel flagship terbaru dari Samsung yaitu Galaxy Z Fold2. Jujur kami sangat antusias ketika mencoba ponsel flagship dari Samsung ini. Karena Galaxy Z Fold2 merupakan ponsel canggih dengan kinerja dan kamera terbaik. Selain memnggunakan chipset paling bertenaga saat ini, Galaxy Z Fold2 juga memiliki kamera dengan bermacam fitur menarik seperti yang ada di Galaxy Note20 Ultra. Seperti apa Galaxy Z Fold2, simak pengalaman kami menggunakannya.

Galaxy Z Fold2 seperti bongkahan kaca karena karena bagian depan, belakang dan samping mampu memantulkan obyek layaknya berkaca. Karena bagian depan dan belakang Galaxy Z Fold2 terbuat dari kaca dengan frame dari alumunium yang ringan namun kuat. Warna Galaxy Z Fold2 yang kami pegang adalah Mystic Black yang Hiram legam dan terlihat mewah. Sedangka semua sisinya memiliki finishing doff yang kontras dengan bodi depan dan belakngnya yang glossy.

Seperti namanya, Galaxy Z Fold2 memiliki dua cara penggunaan yaitu dilipat dan terbuka layaknya buku. Pada saat terlipat maka ukuran bodinya terasa ramping karena memiliki lebar yang lebih kecil dibanding lebar ponsel biasanya yang memiliki layar berukuran 6,5”. Saat terlipat, Galaxy Z Fold2 memiliki layar dengan ukuran diagonal sebesar 7,6” meskipun memiliki lebar yang lebih ramping dibanding ponsel lainnya.

Lebar bodi yang lebih ramping ini membuatnya lebih nyaman digenggam dan dibawa-bawa. Sehingga bodinya yang full glossy ini lebih aman dalam genggaman. Uniknya meski terbuat dari kaca namun saat kita menggenggamnya tak nampak sidik jari yang menempel di layar depan ponsel. Hal ini membuat Gadgetarian tak usah kuatir sidik bakal jari menempel di layar ponsel bahkan saat tangan kita berminyak sekalipun.

Lalu bagaimana ketebalannya? Dalam posisi terlipat, ponsel ini memiliki ketebalan yang lebih besar dibanding ponsel biasanya. Hal ini karena saat terlipat Galaxy Z Fold2 seperti menggabungkan dua ponsel sehingga memiliki ketebalan setara dua ponsel. Namun pada bagian punggungnya yang juga merupakan tempat engselnya nampak lebih tebal dibanding sisi lainnya. Punggungnya yang tebal terdapat embosed merek Samsung.

Lalu bagaimana dengan tombol volume dan power? Samsung Galaxy Z Fold2 juga sama dengan ponsel biasanya dengan tombol volume dan power di samping. Namun tombol power pada ponsel ini juga berfungsi sebagai finger print sehingga jika kita menyentuhnya maka akan terasa ada tekstur yang agak kasar yang merupakan scanner sidik jari kita. Sedangkan pada sisi bagian bawah terdapat ekternal speaker serta port USB Type C untuk mengisi daya atau konektor aksesori lainnya seperti earphone maupun kabel data.

Jika Gadgetarian melihat bagian belakangnya, maka Gadgetarian pasti akan teringat dengan Galaxy Note20 Ultra. Hal ini karena Galaxy Z Fold2 memiliki komposisi tiga kamera dalam satu kotak di pojok kiri atas dengan susunan mirip yang dimiliki Galaxy Note20 Ultra. Selebihnya hanya hamparan bodi kaca yang berbeda dengan layar depan karena bodi belakang yang juga berlapis kaca ternyata lebih mudah meninggalkan sidik jari kita.

Bentuk lainnya yang bisa digunakan Gadgetarian adalah saat Galaxy Z Fold2 terbuka dengan layar yang lebih lebar. Saat terbuka Galaxy Z Fold2 memiliki bentuk hampir bujur sangkar dengan ukuran layar sekira 12,5cm X 15 cm. Dengan posisi layar terbuka ini Gadgetarian bisa menggunakannya untuk berbagai kegiatan yang lebih leluasa seperti bermain game maupun bekerja hingga mengedit foto maupun video.

Berbeda dengan layar depan yang lebih keras saat disentuh karena dilapisi kaca, layar Galaxy Z Fold2 saat terbuka tidak dilapisi kaca dan terbuat dari bahan plastik. Sehingga saat menggunakannya, layar Galaxy Z Fold2 saat terbuka ini akan terasa empuk. Menggunakan Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen yang bisa dilipat membuat layarnya teras elastis. Kemudian di tengah layar membekas cekungan sepanjang engsel layar yang merupakan efek dari lipatan.

Ukuran layar saat terbuka terasa ideal untuk menonton karena ukurannya tang tidak sebesar tablet namun lebih besar dari ponsel. Saat kami coba untuk menonton video Youtube, Galaxy Z Fold2 terasa nyaman dan pas. Dibanding seri sebelumnya, Galaxy Z Fold2 memiliki perbaikan pada layar karena layar dalam bisa digunakan walau terbuka setengah lipatan. Sehingga Gadgetarian bisa menonton youtube maupun video dengan layar terbuka setengah seperti membuka laptop.

Masih banyak lagi yang bisa diceritakan pengalaman menggunakan ponsel para “Sultan” ini tapi nanti bisa jadi terlalu banyak tulisannya. Tunggu ulasan lengkapnya ya.