Samsung Galaxy S21 Series 5G, Ponsel Kamera Sejuta Pesona

Generasi penerus Galaxy S series hadir dalam tiga varian yaitu S21 5G, S21+ 5G dan S21 Ultra 5G. Ketiganya memiliki spesifikasi yang mirip hanya saja berbeda dari sisi kamera dan juga bentang layarnya. Samsung Galaxy S21+ 5G memiliki fitur yang sama dengan Galaxy S21 5G namun ukuran layarnya lebih luas. Ponsel flagship dari Samsung ini memiliki banyak fitur baru terutama pada kamera dan kinerjanya yang banyak mengandalkan AI. Saat melihat peluncurannya secara global beberapa waktu lalu kami menganggapnya sebagai ponsel AI. Seperti apa sih sesungguhnya ponsel andalan Samsung ini, yuk simak ulasannya berikut.

Desain Samsung Galaxy S21 Series 5G tetap mempertahankan desain dengan bezel yang super tipis serta kamera depan infinity O di tengah mirip Galaxy S20+. Layar depannya yang berukuran 6,7 inci untuk Galaxy S21+ 5G serta 6,8 inci untuk Galaxy S21 Ultra 5G ini dilindungi sepenuhnya oleh Gorilla Glass Victus. Layar Samsung Galaxy S21 Series 5G menggunakan layar dengan kecerahan sebesar 1300 nits yang lebih terang dibanding layar S20 serta resolusi 1080 x 2400 pixels. Layar Samsung Galaxy S21 Series 5G menggunakan teknologi Dynamic AMOLED 2X.

Komposisi 3 kamera Galaxy S21 Plus

Sedangkan bodi belakangnya juga menggunakan Gorilla Glass sehingga ponsel ini mendapatkan perlindungan yang maksimum di depan dan belakangnya. Ponsel ini juga tak hanya terlindungi dari goresan berkat Gorilla Glass namun juga terlindungi dari resiko terjatuh dengan penggunaan alumunium frame yang kuat namun tetap ringan.

Yang menarik dari Desain bodi Samsung Galaxy S21 Series 5G adalah tekstur dengan finishing doff pada bodi bagian belakangnya yang disebut dengan haze effect. Kami sempat juga memegang Galaxy S21+ 5G Phantom Silver yang menampilkan efek pantulan warna-warni pelangi dalam balutan warna silver yang doff. Finishing doff dan warna yang ditimbulkan menghadirkan kesan mewah dan anggun sekaligus. Jika kita merabanya maka akan terasa kesat namun halus jauh dari kesan licin. Namun sekelilingnya justru menghadirkan kesan glossy berkat warna chrome yang menghiasi sekeliling ponsel.

haze effect Galaxy S21 Plus 5G

Bagian belakang Samsung Galaxy S21 Series 5G yang mewah dan anggun ini dihiasi oleh komposisi tiga kamera dalam satu kotak di pojok kiri atas serta dengan LED flash light di sampingnya. Uniknya komposisi kamera Samsung Galaxy S21 Series 5G memiliki ketebalan yang ekstrem dibanding bodi keseluruhan. Sehingga komposisi ketiga kameranya yang berjajar vertikal ini menjadi sangat menonjol dan menjadi pusat perhatian. Komposisi ketiga kameranya pun memiliki warna silver dengan finishing doff namun tan memiliki efek pelangi seperti bodinya.

Samsung melatakkan beberapa mic di sekitar bodi Samsung Galaxy S21 Series 5G diantaranya dua mic diatas serta satu di bawah. Hal ini untuk mengakomodir fitur perekaman suara yang menggunakan beberapa mic untuk menghasilkan video dengan hasil suara yang lebih bagus. Slot SIM berada di bagian bawah berdampingan dengan slot charger type C serta speaker. Sekeliling Samsung Galaxy S21 Series 5G kaya akan garis vertikal bahkan seolah memberikan kesan ponsel ini terdiri dari dua bagian.

Ada dua hal yang menarik dari Samsung Galaxy S21 Series 5G dan yang pertama adalah dapur pacunya yang menggunakan chipset terkini. Ponsel ini menggunakan chipset buatan Samsung sendiri Exynos 2100 (5 nm) yang setara dengan Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm). Kinerjanya makin kencang karena kapasitas GPU nya yang Octa-core (1×2.9 GHz Cortex-X1 & 3×2.80 GHz Cortex-A78 & 4×2.2 GHz Cortex-A55). Kinerjanya makin maksimal dengan hadirnya memori sebesar 8GB.

Saat kami uji menggunaka GeekBenchmark, Samsung Galaxy S21 Series 5G memperoleh nilai yang cukup tinggi yaitu 3358. Nilai ini jauh diatas nilai hasil uji Galaxy Note 20 Ultra yang memiliki nilai 2600. Secara keseluruhan kinerja Samsung Galaxy S21 Series 5G sangat baik termasuk saat menggunakan berbagai fitur kameranya yang banyak dan membutuhkan prosesor berkemampuan tinggi. Tak hanya memacu kinerjanya, penggunaan Exynos 2100 dapat menghemat pemakaian baterai hingga 10% lebih hemat dibandingkan dengan pendahulunya.

Dengan tiga lensa kamera, Galaxy S21+ 5G memiliki fitur lensa yang sangat banyak. Jika dilihat dari spesifikasinya, Galaxy S21+ 5G memiliki lensa 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76″, Dual Pixel PDAF, OIS, 64 MP, f/2.0, 29mm (telephoto), 1/1.72″, PDAF, OIS, 1.1x optical zoom, 3x hybrid zoom serta 12 MP, f/2.2, 13mm, 120˚ (ultrawide), 1/2.55″, Super Steady video.

Fitur-fitur kamera yang ada di Samsung Galaxy S21 Series 5G benar-benar mengandalkan kemampuan AI. Hal ini karena banyak fitur kamera yang ada pada ponsel ini yang dibantu dengan AI sehingga mampu menghasilkan gambar yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh editor profesional. Sistem kamera yang telah ditenagai oleh AI dapat menilai dan menyesuaikan dengan pemandangan di sekitar Gadgetarian. Melalui fitur seperti Potrait Mode, yang memanfaatkan analisis 3D yang ditingkatkan dapat memisahkan subjek dari latar belakang dengan lebih akurat. Sehingga Gadgetarian dapat mengubah gambar latar atau bahkan menghapusnya sekalipun seperti yang dilakukan editor foto profesional.

Fitur kamera yang dipelopori oleh Galaxy S20 yaitu Single Take juga ada pada Samsung Galaxy S21 Series 5G yang telah ditingkatkan dengan pengaturan video gaya pro baru seperti Highlight Video dan Dynamic Slow-Mo. Bagi Gadgetarian yang gemar melakukan vlogging, kini kedua kamera baik depan maupun belakang dapat diaktifkan secara bersamaan. Sehingga Gadgetarian bisa mengambil video menggunakan kamera utama sambil menggunakan lensa kamera depan. Pengambilan suaranya pun mirip seperti yang ada pada Galaxy Note20 karena Gadgetarian bisa mengambil suara dari beberapa mic yang menghadap ke depan samping dan juga belakang.

Jika Gadgetarian selama ini kesulitan dalam mempertahankan posisi saat mengambil gambar dari jarak jauh karena semakin jauh kita mengambil gambar akan makin banyak terjadi getaran. Galaxy S21+ 5G memiliki Space Zoom yang ditingkatkan membantu melalui fitur Zoom lock meminimalisir getaran dan menangkap gambar yang lebih jelas pada zoom 30x pada Galaxy S21+ 5G. Dengan fitur ini Gadgetarian tetap bisa mengambil gambar dengan tenang walau melakukan zoom sebanyak 30x. Kamera Galaxy S21+ 5G dapat menghasilkan kualitas gambar yang cerah, bahkan dalam kegelapan. Fitur-fitur ini semakin membuat performa kamera pada Samsung Galaxy S21+ 5G setingkat diatas Galaxy S20+.

Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Kamera yang ada di Samsung Galaxy S21 5G dan S21 Plus 5G berbeda dengan yang ada di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Perbedaan utamanya ada pada lensa zoom dan beberapa fitur kamera lainnya. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki kamera tambahan sehingga memiliki seluruhnya empat kamera belakang. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki satu kamera tambahan dengan kemampuan 10 optical zoom. Sedangkan kamera utamanya memiliki sensor berkekuatan 108MP, sedangkan Galaxy S21 Plus 5G menggunakan kamera dengan sensor berkekuatan 64MP.

Komposisi kamera Galaxy S21 Ultra 5G dengan 4 kamera

Secara keseluruhan Galaxy S21 Ultra 5G memiliki dua kamera dengan kemampuan optical zoom karena kamera keduanya memiliki kemampuan hingga 3x optical zoom. Hasilnya, Gadgetarian bakal bisa menampilkan subyek foto sejauh 100 meter ke hadapan kita dengan ketajaman gambar dan warna yang baik. Kapal yang ada di lautan pun seolah mendekat ke hadapan kita dengan dengan kualitas gambar yang baik. Saat memotret langit pantai Jakarta di pagi hari, Galaxy S21 Ultra 5G mampu menangkap birunya awal dengan sangat natural namun lebih dramatis.

Galaxy S21 Ultra 5G juga memiliki fitur unik yaitu fitur yang dapat menghapus obyek yang tak kita inginkan di dalam foto. Mungkin Gadgetarian pernah merasa jengkel ketika mengambil foto tiba-tiba ada penampakan dibelakang yang mengganggu. Mau foto lagi sudah tidak mungkin, maka Galaxy S21 Ultra 5G punya solusinya yaitu dihapus. Cara menghapusnya pun sangat sederhana dan berbeda dengan para profesional yang menghapusnya dengan Photoshop. Dengan AI yang mumpuni, Galaxy S21 Ultra 5G dapat mendeteksi obyek yang kita pilih dan menghapusnya.

Bagaiman caranya? Buka foto yang akan diedit, aktifkan ikon eraser di kanan bawah, kemudian sentuh subyek yang akan dihapus dan AI akan mengenalinya kemudian menyeleksinya. Sentuh ikon haps dan dalam hitungan detik, Galaxy S21 Ultra 5G akan menghapus subyek yang kita pilih dan voila subyek yang mengganggu di foto kita telah hilang nyaris tanpa bekas. Penggunaan fitur ini akan sangat mudah jika subyek berdiri sendiri dengan latar belakang yang polos. Jika subyek yang akan dihapus berada pada latar belakang yang tak polos maka AI akan lebih lama bekerja atau kurang rapi. Namun Gadgetarian bisa melakukan seleksinya dengan cara manual kok agar lebih rapi.

Secara keseluruhan kami menyebut Galaxy S21+ 5G sebagai ponsel kamera dengan sejuta pesona baik diluar maupun di dalam. Jika Gadgetarian mencobanya pasti setuju.

Harga
Rp 12.999.000 (Galaxy S21 5G)
Rp 15.999.000 (Galaxy S21 Plus 5G)
Rp 18.999.999 (Galaxy S21 Ultra)

Kesimpulan
Ponsel yang sangat mengandalkan AI ini merupakan ponsel menawan luar dan dalam karena tak hanya memiliki tampilan yang apik namun juga kinerja dan fitur yang epik. Penggunaan Exynos 2100 (5 nm) membuat banyak fitur yang mengandalkan AI tersebut berjalan dengan sangat baik. Harga yang ditawarkan nyaris tak berbeda dengan Galaxy S20 bakal membuat ponsel ini menjadi flagship terlaris di 2021.

Product Facts
• Fitur lengkap
• Kinerja bagus
• Kamera mantap

Spesifikasi
Dimensi/berat:
161.5 x 75.6 x 7.8 mm/200gr
Layar:
6.7 inches, Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, HDR10+, 1300 nits
Chipset:
Android 11, One UI 3.1, Exynos 2100 (5 nm), Octa-core (1×2.9 GHz Cortex-X1 & 3×2.80 GHz Cortex-A78 & 4×2.2 GHz Cortex-A55)
Kamera depan:
10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.24”, 4K@30/60fps, 1080p@30fps, Dual Video Call
Kamera belakang:
12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76″, 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS
64 MP, f/2.0, 29mm (telephoto), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF, OIS, 1.1x optical zoom, 3x hybrid zoom
12 MP, f/2.2, 13mm, 120˚ (ultrawide), 1/2.55″ 1.4µm, Super Steady video
Fitur lain:
stereo speakers Tuned by AKG, NFC, USB Type-C 3.2, USB On-The-Go, Fingerprint under display, Samsung DeX, Samsung Wireless DeX
Baterai:
Li-Ion 4800 mAh, Fast charging 25W,

Hasil Foto Samsung Galaxy S21 Plus

Hasil foto menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Start typing and press Enter to search