Realme C21 “Ponsel Sejutaan Kinerja Lumayan”

Hai Gadgetarian, kali ini TPLUS Magz kehadiran tamu ponsel yang dikenal memiliki value for money yang tinggi yaitu realme C series. Pada bulan Maret ini selain Narzo 30A, realme juga mengeluarkan C21 dan C25, dan yang akan kita ulas adalah realme C21. Ponsel yang masuk kategori entry level ini ternyata memiliki banyak keistimewaan dibanding ponsel entry level lainnya. Dan secara fisik ponsel ini sudah menarik perhatian ditambah komposisi tiga kamera di belakangnya serta guratan-guratan halus yang menyerupai ornamen ornamen dengan warna yang ceria. Nah seperti apa realme C21 ini yuk simak ulasan lengkapnya berikut.

Desain dan tampilan realme C series semakin lama memang semakin trendy dibanding seri C tahun 2019 lalu. Realme C21 tersedia dengan 2 pilihan warna menarik: Cross Black dan Cross Blue. Bodi belakangnya memberikan efek visual yang kuat terinspirasi oleh bentuk jam pasir, desain crosshatch yang berani, trendi dan fungsional,sekaligus melindungi bagian belakang dari noda sidik jari. Ada cerita menarik dari efek visual yang ada di bodi belakang realme C21 yang diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi. Setelah 300 menit pemolesan akhirnya 450+ lekukan diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus. Hmmm

Ukiran di bagian belakang realme C21 sekaligus membuat ponsel ini nyaman di genggam karena kesat dan tidak licin di tangan. Dan efek ukirannya di bagian belakang menghasilkan aksen seperti sebuah pita yang terbentang dari atas. Komposisi tiga kamera dan satu LED flash light dalam satu kotak seperti desain yang sedang trendi saat ini. Dan tak lupa logo realme di kiri bawah menjadi identitasnya ditambah finger print di samping kamera. Oh ya ada speaker di samping logo.

Teknologi layar ponsel yang semakin canggih dan semakin terjangkau membuat ponsel entry level kini memiliki layar dengan kualitas tinggi. Realme C21 memiliki layar seluas 6,5 inci 20:9, memberikan bidang pandang lebih luas. Hal ini memberikan kenyamanan untuk bermain game dan menonton video sehingga Gadgetarian bisa menikmati tayangan dengan maksimal. Pada layar C21,
area poni berkurang dan menghadirkan rasio layar hingga 89,5%.

Agar kinerjanya berjalan baik, realme menghadirkan prosesor MediaTek Helio G35 yang merupakan prosesor gaming di segmen ini. Untuk kelas entry level, penggunaan MediaTek Helio G35 sangat lebih dari cukup. Pasalnya prosesor ini memiliki kecepatan 2,3Ghz dan mengadopsi struktur Cortex A53. Dengan RAM berkekuatan 4GB akan semakin membuatnya nyaman untuk digunakan segala kegiatan termasuk untuk bermain game. Memori yang digunakan realme C21 ditenagai oleh LPDDR4X RAM sehingga kinerja grafis meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100% dibanding dengan LPDDR3.

Ketika kami uji menggunakan GeekBench, C21 mencetak skor 977 yang dibawah 1000, walau tak buruk namun skor dibawah 1000 memberi impresi yang kurang oke kepada kami. Dan ketika digunakan untuk bermain game sesungguhnya tak memiliki banyak kendala, semua lancar-lancar saja.

Dan yang tak kalah penting adalah sektor kamera. Realme mempersenjatai C21 dengan triple kamera yang mumpuni dengan sensor berkekuatan 13MP. Kamera utamanya memiliki Apperture sebesar f/2.2 yang cukup lebar dalam menangkap cahaya. Agar memudahkan mengambil gambar dengan jarak yang cukup jauh, C21 memiliki kamera dengan 4x zoom. Kamera kedua C21 menggunakan lensa BW yang dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap.

Sedangkan kamera ketiga yang ada di C21 merupakan kamera dengan lensa Macro dengan jarak pengambilan terdekat sebesar 4cm. Lansa yang juga sedang ngetren ini membuat Gadgetarian bisa berkreasi lebih kreatif dengan subyek gambar dari jarak dekat dengan hasil gambar yang tajam. Cobalah memotret belalang atau embun diatas daun maka Gadgetarian akan memperoleh gambar yang tajam dan jelas. Lalu bagaimana dengan kamera depan. C21 memiliki kamera depan dengan sensor berkekuatan 5MP yang sudah mendukung AI beauty.

Fitur fotografi yang disediakan realme C21 juga cukup lengkap termasuk mode malam hingga slo-mo. C21 juga menyediakan mode manual atau Pro yang cocok buat Gadgetarian yang suka eksplorasi fotografi. Dan tak lupa mode potret yang bisa digunakan untuk melakukan foto bokeh. Kamera depannya pun mampu menangkap cahaya yang datang dengan baik sehingga wajah yang ditampilkan saat selfie terlihat cukup terang dan natural.

Memory yang disediakan realme sebesar 64GB cukup besar untuk Gadgetarian mengambil banyak gambar maupun video. Dengan banyaknya layanan musik streaming kini Gadgetarian tidak perlu menyimpan lagu yang akan membuat ruang penyimpanan menjadi cepat penuh. Namun jika memang Gadgetarian memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar, Gadgetarian bisa menggunakan Micro SD sesuai keinginan hingga 256GB.

Harga
Rp 1.999.000

Kesimpulan
Realme C21 merupakan ponsel dengan value for money yang cukup baik sehingga Gadgetarian yang memerlukan ponsel untuk kebutuhan sehari-hari realme C21 sudah sangat cukup terutama dengan baterai 5.000 mAh.  Secara keseluruhan bia dibilang lumayan.

Spesifikasi
Dimensi/berat:
165.2mm*76.4mm*8.9mm/190g
Layar:
6,5 inci (16,5cm) Fullscreen, Resolusi HD+ 720*1600, Rasio Layar 89,5%
Chipset: MediaTek Helio G35 12nm proses produksi Cortex A53 2.3Ghz
Memori:
4GB RAM, 64GB ROM
Kamera:
13MP, f/2.2 aperture, 5P lens, PDAF 4x digital zoom, 2MP BW, 2MP Macro, Kamera Depan AI
5MP
Baterai:
5000 mAh

Hasil foto menggunakan realme C21

Start typing and press Enter to search