Layanan Voice Smartfren Masih Tinggi Saat Idul Fitri

Sudah menjadi sebuah rahasia umum jika pada masa Ramadan dan Lebaran, trafik layanan data operator seluler akan melonjak dengan angka yang bervariasi.  Apalagi kini Pemerintah mengijinkan masyarakat untuk mudik lebaran setelah dua tahun absen mudik lebaran tahun ini jauh lebih ramai dibanding musim mudik terdahulu.  Namun Smartfren justru mengalami kenaikan yang cukup tinggi pada layanan voice ketimbang layanan data selama Ramadan dan mudik lebaran tahun ini.

Smartfren mencatat terdapatlonjakan trafik internet hingga 10%, untuk layanan SMS juga terjadi kenaikan sebesar 8% demikian juga layanan voice terjadi kenaikan 25% dibanding lebaran tahun sebelumnya.   Trafik layanan internet Smartfren cenderung tak terlalu tinggi dibanding operator seluler lainnya yang secara umum diatas 10% bahkan 20%.  Namun kenaikan trafik layanan voice dari Smartfren terbilang tinggi dibanding operator seluler lainnya yang dibawah 10%.

Hal ini membuktikan layanan voice Smartfren terutama di pulau Jawa masih sangat baik dan membuat nyaman pelanggannya untuk bersilaturahmi dengan menelefon.  Namun cukup banyak pula yang melakukan silaturahmi dengan memanfaatkan layanan voice di aplikasi Whatsapp.  Hal ini terlihat dari terjadinya kenaikan trafik yang signifikan untuk aplikasi Tiktok  sebesar  18% dan WhatApps sebesar 13%, kedua aplikasi tersebut banyak digunakan pelanggan Smartfren selama periode mudik dan Idul Fitri.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatakan, “Momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri kali ini menjadi berbeda karena masyarakat kembali bisa mudik ke kampung halaman. Kenaikan traffic internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren. Mayoritas kenaikan terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik terutama di daerah Jawa Barat (10%)  dan Jawa Tengah (18%) dan Jawa Timur (6%). Bahkan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur kenaikan mencapai diatas 60%,  Pemicunya antara lain kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan, dan ketika berada di tujuan mudik.”

Bagaimana dengan Gadgetarian yang mudik beberapa waktu lalu menggunakan jaringan Smartfren? Semoga selalu lancar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search