Aneka Aplikasi Belajar Alat Musik di Smartphone

Syarat utama untuk bisa terjun ke dunia musik atau nge-band ya harus mengerti dunia musik, salah satunya bisa bermain alat musik. Dulu banyak sekali remaja yang ikut les musik atau belajar bermain alat musik secara otodidak. Kini, disaat segalanya serba digital, belajar alat musik pun bisa menggunakan smartphone atau tablet. Jika Gadgetarian ingin belajar alat musik dengan hanya bermodalkan smartphone, berikut kami pilihkan beberapa aplikasi yang akan membantumu menguasai beberapa alat musik.

Yousician – Learn Guitar, Piano, Bass & Ukulele
Aplikasi ini berisi beberapa alat musik yang bisa dipelajari mulai dari gitar, bass, piano dan ukulele. Gadgetarian akan mendapatkan lebih dari 1500 misi hingga ratusan video yang bisa dipelajari untuk mengasah kemampuan bermain alat musik. Bahkan saat Gadgetarian kurang pas menyatukan timing saat memainkan alat musik, aplikasi akan memberitahukan di mana letak kesalahannya secara real-time.
GRATIS
App Store, Google Play

Solo 2 (was Guitar Solo Lite)
Mempelajari gitar secara virtual bisa Gadgetarian lakukan memanfaatkan aplikasi Solo 2 yang merupakan gabungan dari aplikasi Solo sebelumnya seperti Solo penuh, Gitar Solo Lite dan Solo Air. Gadgetarian bisa mempelajari berbagai chord dengan urutan jari yang sudah ditunjukkan secara baik dan benar dan aplikasi akan mengeluarkan suara nada dari chord yang dimainkan.
GRATIS
Google Play

Real Bass – Bermain bas jadi lebih mudah
Sebetulnya saat belajar bermain gitar secara tidak langsung Gadgetarian juga akan mempelajari chord bass karena senar 6, 5 dan 4 yang ditekan akan menghasilkan suara dan nada bass yang menjadi pemandu bagi pemain drum dan gitar. Namun jika Gadgetarian ingin total dalam menguasai alat musik bass, aplikasi Real Bass bisa dicoba. Gadgetarian akan mendapatkan fitur multi-touch hingga 6 jenis bass yang bisa dimainkan. Nada-nada yang dimainkan bisa direkam dan diubah menjadi format mp3. Gadgetarian bisa mempelajari berbagai gesture dalam bermain bass seperti pick, finger, slap dan lain-lain.
GRATIS
App Store, Google Play

Simply Piano by JoyTunes
Ingin jago bermain piano seperti Yovie Widiyanto? Coba aplikasi Simply Piano. Gadgetarian cukup menyalakan aplikasi dan menempatkannya di depan keyboard atau piano. Saat memainkan musik, aplikasi akan langsung mengenali musik apa yang sedang dimainkan. Simply Piano juga menyediakan berbagai video sebagai panduan agar semakin jago bermain piano.
GRATIS
App Store, Google Play

Real Drum
Belajar menjadi drummer pro kini tidak harus membeli seperangkat alat drum karena cukup dengan mengunduh aplikasi Real Drum, Gadgetarian bisa belajar bermain drum sampai benar-benar jago. Real Drum menghadirkan berbagai jenis drum dan simbal, 60 contoh ritme yang dilengkapi tutorial hingga 33 putaran bermain bareng. Hasil rekaman bisa diekspor ke format mp3.
GRATIS
App Store, Google Play

Belajar Bernyanyi – Sing Sharp
Penyanyi memang umumnya tidak memainkan alat musik saat rekaman ataupun perform namun penyanyi menjadi bagian penting dalam kelompok musik saat menciptakan lagu. Untuk melatih olah vokalmu, aplikasi Belajar Bernyanyi akan membantu Gadgetarian menjadi penyanyi bersuara indah karena aplikasi ini dapat mendeteksi dan menampilkan keakuratan nada secara real-time. Berlatih vokal juga semakin seru karena adanya fitur yang serupa dengan game karaoke. Hasil rekaman bisa diputar lagi untuk mengetahui di mana kekurangan yang perlu diperbaiki.
GRATIS
Google Play

The Ukulele Apps
Diciptakan bersamaan dengan The Ukulele Teacher yang populer di platform Youtube, aplikasi The Ukulele App menyediakan lebih dari 400 video untuk mempelajari chord agar semakin ahli memainkan ukulele. Aplikasi ini juga dilengkapi built-in metronom untuk mengetahui tempo dan perubahan chord.
GRATIS
App Store, Google Play

Saxophone All-in-one
Bingung melihat pemain saxophone memencet tuts dan mengeluarkan nada-nada jazz? Kini Gadgetarian juga bisa mempelajari cara bermain saxophone supaya mengetahui tuts mana yang harus dipencet. Gadgetarian akan disuguhkan berbagai menu untuk memahami dan mempelajari hal-hal basic mengenai musik jazz.
GRATIS
App Store, Google Play

Violin Notes Lite
Belajar memainkan biola menjaid lebih mudah menggunakan aplikasi Violin Notes Lite. Gadgetarian akan disuguhkan berbagai chord untuk dipelajari. Lalu Gadgetarian cukup mengikuti dan menggesek senar dengan benar agar menghasilkan nada yang diminta.
GRATIS
Google Play