Ngintip Gudangnya BliBli.com

Beberapa waktu lalu TPLUSMagz berkesempatan mengunjungi salah satu gudangnya BliBli.com di daerah Cawang Jakarta Timur.  Warehouse seluas sekira 3500m2 ini merupakan salah satu gudang diantara 3 gudang selain di Cakung dan Batu Ceper.  Gudang yang juga merupakan eks gudang PT Djarum ini merupakan warehouse khusus untuk gadget dan barang-barang elektronik lainnya mulai dari power bank hingga lemari es.  Sedangkan gudang di Cakung lebih banyak digunakan untuk produk-produk makanan dan fashion.

BliBli.com menerapkan sistem pergudangan yang rapi dan dibagi menjadi 3 proses yaitu inbound, QC serta outbound.  Semua proses dilakukan menggunakan perangkat digital yang terintegrasi dengan sistem. Sehingga lebih efisien dan almost zero mistake. Tahap inbound adalah tahap dimana barang datang dari supplier yang ditampung di gudang lantai paling atas.  Mirip dengan Hypermarket yang nampak berjajar rak-rak dengan aneka produk yang dibagi sesuai kategori.

Tahap kedua dilantai bawah adalah tahap processing order.  Barang dari gudang akan diturunkan ke lantai di bawahnya untuk kemudian dikemas dan diberi label seperti alamat pengiriman untuk bagian logistik.  Proses yang menggunakan sistem ban berjalan ini diawali dengan pengecekan kesesuaian barang yang diorder, kemudian diberi label, lalu dikemas dan siap disalurkan ke lantai dasar yaitu bagian logistik.

BliBli1Lantai dasar merupakan lantai dimana barang yang sudah dikemas lengkap dengan label alamat pengiriman dan sekali lagi dilakukan pengecekan.  Bagian logistik terdiri dari internal BliBli.com yaitu layanan ekspedisi Blibli express.serta dari eksternal seperti JNE.  Logistik Internal BliBli.com melayani pengiriman hanya di wilayah Jadetabek sedangkan untuk pengiriman di luar wilayah Jadetabek seperti pulau jawa hingga luar pulau jawa diserahkan kepada logistik eksternal.

Blibli.com juga tengah menyiapkan 6 gudang tambahan dengan total area seluas 200.000 m2, lengkap dengan 200 fullfilment center.  Saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri pemesanan di BliBli.com juga meningkat tajam terutama untuk produk fashion dan makanan.  Karenanya untuk tetap memberikan layanan terbaiknya, Blibli.com melakukan langkah antisipasi dengan menaikkan kapasitas layanan warehouse dan logistik hingga 2x lipat.

Start typing and press Enter to search