TechKnow: Ultra High Definition Television

Keindahan Dalam Resolusi Tinggi

Perkembangan teknologi televisi kini mengantarkan istilah Ultra HD (high definition) menjadi tenar. Sesuai namanya, istilah Ultra HD merujuk pada teknologi dan kualitas tampilan layar TV yang beresolusi tinggi. Teknologi Ultra HD  saat ini mulai banyak diterapkan di berbagai merek televisi, sehingga kita bisa memilih banyak produk di pasaran. Nah, agar lebih kenal dengan Ultra HD TV, kita simak yuk ulasannya di rubrik TechKnow kali ini.

Dikenalkan Oleh NHK
Format UHD TV sendiri mulai dikenalkan ke publik pada tahun 2006 oleh NHK Science & Technology Research Laboratories asal Jepang. Saat itu, NHK mengenalkan dua format resolusi untuk Ultra HD, yaitu 4K UHD (2160p) dan 8K UHD (4320p).  Kedua format ini kemudian disetujui dam distandarisasi oleh International Telecommunication Union (ITU) untuk diterapkan di produk umum.

Dalam perkembangannya, para produsen, distributor dan manufaktur elektronik membuat konsorsium bernama UHD Alliance. Melalui konsorsium inilah standar teknologi UHD TV dibuat dan diterapkan untuk beragam produk TV. Pada tahun 2016 lalu, UHD Alliance mengenalkan spesifikasi UHD Premium yang menetapkan standar kualitas untuk resolusi, kedalaman bit, warna gamut, dan HDR di TV UHD.

Resolusi UHD TV
Saat ini ada dua standar resolusi yang ditetapkan untuk TV Ultra HD, yaitu 4K UHD dan 8K UHD. Sudah cukup banyak produk TV dengan kedua format ini yang dijual di Indonesia, dan hampir semua produsen TV merilis produk TV UHD.

1. 4K UHD (2160p)
Format ini memiliki resolusi 3840 pixel (lebar) dan 2160 pixel (tinggi). 4K UHD empat kali lebih tinggi resolusinya dari format HD TV yang memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel. Beberapa produsen yang menerapkan format di produknya adalah Samsung, LG, Sony, Sharp, Toshiba, Panasonic, dan JVC.

2. 8K UHD
Format ini memiliki resolusi 7860 pixel (lebar) dan 4320 pixel (tinggi). Jika dibandingkan dengan format HD 1080p, 8K UHD 16 kali lebih tinggi pixelnya dan 4 kali lebih besar ruang resolusinya, yang mampu menghasilkan detail gambar sangat nyata. Selain itu, 8K UHD TV juga dilengkapi dengan teknologi audio 22.2 surround sound atau disebut juga dengan nama Super H-Vision. Hingga saat ini baru Sharp yang membawa produk TV dengan format 8K UHD ke Indonesia.

Isu Harga
Meski sudah banyak yang memasarkan, harga TV UHD masih cukup tinggi, dengan kisaran harga 50 jutaan ke atas. Ini dikarenakan TV-TV UHD hadir dengan ukuran layar besar, mulai dari 60 inci ke atas. Pemilihan layar besar ini sendiri untuk memaksimalkan tampilan layar dengan resolusi tinggi UHD. Jadi buat Anda yang berencana membeli TV UHD sebaiknya pertimbangkan budget yang tersedia.

Share