Connect with us

Coffee Break

Koneksi Mumpuni dengan 5G

Published

on

Gadgetarian pasti tahu yang namanya Bluetooth maupun WiFi. Keduanya merupakan koneksi nirkabel yang menggunakan gelombang radio. Namun keduanya memiliki frekuensi yang rendah sehingga jangkauannya juga tak terlalu jauh. Jika Gadgetarian menggunakan speaker dengan menggunakan bluetooth pasti Gadgetarian tak bisa terlalu jauh dari speaker agar tetap bisa terus terhubung. Begitu pula dengan WiFi dimana Gadgetarian juga harus berada di sekitar hotspot untuk dapat selalu terhubung.

Ada koneksi nirkabel yang juga menggunakan gelombang radio dengan jangkauan yang lebih luas yang bernama UWB atau Ultra Wideband. Koneksi yang memiliki frekuensi hingga 500 MHz ini memiliki jangkauan hingga sekira 120 meter. UWB bisa digunakan untuk mendeteksi data spatial dan terarah yang sangat akurat. UWB mampu mengirimkan sebanyak satu milyar sinyal per detik dan ketika perangkat lain menerima sinyal tersebut akan mengirimkan sinyal balik sehingga lokasinya bisa ditemukan dengan sangat akurat.

Banyaknya sinyal yang dipancarkan membuat UWB mampu mendeteksi lokasi secara realtime. Perangkat dengan UWB bisa mndeteksi obyek dalam kondisi diam atau bergerak mirip katika Gadgetarian memantau pergerakan abang driver ojek online yang membawa pesanan kita. Hanya saja dengan UWB maka pergerakan abang ojek online bisa dipantau lebih akurat tanpa jeda. UWB sempat diperkenalkan dan diterapkan pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra namun belum sempurna. UWB semakin disempurnakan dan kini sudah diaplikasikan pada Galaxy S21 Series 5G.

Kemampuannya mendeteksi dengan akurasi yang tinggi membuat teknologi ini juga diterapkan di perangkat lain selain di ponsel pintar. Teknologi ini juga diterapkan di jam tangan pintar maupun alat pelacak lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari teknologi ini dapat membantu kita menemukan barang yang hilang atau tersembunyi. Gadgetarian pasti sering kehilangan kunci atau jam tangan ketika hendak berangkat beraktifitas, nah teknologi ini dapat membantu karena mampu mendeteksi kunci maupun jam tangan yang tersembunyi.

Samsung memiliki Smart Tag+ yang menandai barang-barang penting seperti kunci mobil yang sering kita lupa menyimpannya. Bahkan jika Gadgetarian menjatuhkan kunci di luar rumah juga bisa terdeteksi oleh Samsung Galaxy S21 Series 5G dengan jangkauan hingga 120 meter. Namun teknologi ini diciptakan tak hanya untuk menemukan obyek tertentu saja namun bisa lebih jauh lagi. Dalam rencana pengembangannya kedepan, teknologi UWB bisa digunakan untuk menyalakan mobil atau sebagai kunci untuk membuka pintu.

Selain Ultra Wideband, Galaxy S21 Series 5G juga mengadopsi sitem koneksi WiFi 6E yang meskipun tak ada penambahan kecepatan yang signifikan namun kehadiran WiFi 6E adalah menambah band 6Ghz yang lebih baru dan lebih luas sehingga mengurangi intervensi dari perangkat-perangkat lain yang menggunakan konektivitas WiFi yang sama sehingga menghasilkan koneksi yang lebih cepat. Galaxy S21 Series 5G mengoptimalkan fungsi AI yang mendukung Intelligent WiFi yang telah disempurnakan. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan algoritma AI untuk menganalisis dan memprediksi pola lalu lintas aplikasi yang digunakan dalam perangkat dan kualitas sambungan Wi-Fi secara real-time.

Baik jaringan 5G, WiFi 6E dan juga Ultra Wideband merupakan teknologi yang mampu memberikan kenyamanan berinternet yang lebih baik. Karena ketiga teknologi tersebut merupakan konektivitas low latency. Bahkan SoC yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 Series 5G sudah kompatibel dengan 5G sehingga dapat mendukung konektivitas yang menurut ahli dapat mencapai hingga 100 kali lebih cepat daripada jaringan 4G. Sehingga ketika 5G sudah benar-benar dapat di adopsi di Indonesia, Gadgetarian dapat menikmati konektivitas 5G sepenuhnya dengan menggunakan Samsung Galaxy S21 Series 5G. Menarik bukan, selamat berselancar di dunia maya dengan Galaxy S21 Series 5G.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *