Connect with us

News

Ini Dia Platform Pasar Dagang Online Paling Dipercaya UMKM

Published

on

Makin baiknya layanan internet di Indonesia mendorong gaya hidup digital masyarakat Indonesia yang semakin ramai.  Pengguna layanan digital di Indonesia sudah semakin banyak di semua sektor terutama sektor perdagangan dan jasa.  Pengguna platform pasar dagang online di Indonesia pun semakin meningkat yang membuat penyedia aplikasi dagang online pun semakin banyak diantaranya adalah Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi aplikasi dagang online di Indonesia.  Banyaknya aplikasi membuat pelaku usaha dan pembeli mendapatkan banyak pilihan yang paling baik pelayanannya yang paling banyak digunakan masyarakat.

Tapi taukah Gadgetarian siapa platform pasar dagang online yang paling disukai UMKM sebagai pengisi pasar tersebut.  Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id. Berdasarkan hasil survei, Telkomsel menemukan bahwa platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia untuk aktivitas penjualan online mereka, secara berturut-turut adalah Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%).

Tak hanya itu, survei tersebut juga terungkap bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%), dan Blibli (4%). Sedangkan untuk Platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%).

Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).  Melalui survei digital tersebut, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler yang membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data.

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, “Riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya. Karena itu, tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku platform pasar dagang online dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar.”

Ini adalah hasil survey menurut pedagang, bagaimana dengan Gadgetarian?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *