Connect with us

Coffee Break

Multitasking Jadi Menyenangkan dengan Samsung DEX

Published

on

Walau ukuran layar smartphone kini sudah sangat besar karena rata-rata berukuran 6″-6,5″ namun kebutuhan akan layar yang lebih besar untuk pekerjaan sehari-hari masih ada.  Atau layar multitasking yang bisa menampilkan banyak kegiatan di lebih dari satu layar dari satu perangkat.  Semua itu bisa didapatkan dari Samsung Galaxy Note20 series dengan fitur Samsung DEX.

Fitur ini memungkinkan Gadgetarian untuk menggunakan layar yang lebih luas seperti televisi untuk menonton film.  Atau ketika Gadgetarian sedang asik menonton film di layar TV melalui Galaxy Note20 ada sesuatu yang harus dikerjakan di Galaxy Note20 tanpa mengganggu film yang sedang diputar di TV.  Melalui Galaxy Note20 Series, untuk pertama kalinya Gadgetarian bisa menghubungkan perangkat miliknya secara wireless ke Samsung Dex dan menampilkan tampilan perangkat ke Smart TV saat pengguna membutuhkan layar yang lebih besar saat menjalani pertemuan atau sekadar diskusi santai.

Gadgetarian bisa dengan leluasa mengendalikan dua layar secara bersamaan, baik itu Galaxy Note20 Series maupun TV.   Gadgetarian tetap bisa berkirim pesan dengan tenang maupun mendapatkan feedback secara real-time ketika berkoordinasi pekerjaan dengan teman kerja.  Mengaktifkan Samsung DEX bukanlah suatu hal yang ribet karena Gadgetarian cukup melakukan aktifasi melalui Quick Panel dengan menyapu ke bawah layar home.  Lalu Gadgetarian sentuh ikon DEX hingga muncul beberapa perangkat disekitar yang bisa terhubung dengan Galaxy Note20 kita. Pilih perangkat yang akan kita hubungkan klik start now dan perangkat sudah terhubung.

Samsung DEX dapat terhubung dengan televisi pintar apa saja yang sudah menerapkan teknologi Miracast namun direkomendasikan untuk menggunakan televisi pintar Samsung yang keluar tahun 2019 keatas.

Secara umum Samsung DeX memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan sekadar screen mirroring, atau dalam hal ini adalah Samsung Smart View.  Yang membedakannya adalah, Samsung DeX menghadirkan pengalaman menggunakan desktop, sedangkan screen mirroring hanya sekadar menduplikasi tampilan smartphone ke layar yang lebih besar tanpa ada fungsi tambahan.  Sehingga screen mirroring tidak bisa membuat Gadgetarian membuka aplikasi lain saat melakukan mirroring.  Namun saat Gadgetarian menggunakan Samsung DeX, Gadgetarian bisa membuka berbagai aplikasi hingga mengatur ukuran tampilan aplikasi yang dibuka.

Samsung DeX tak hanya membuat bersantai menjadi lebih menyenangkan dengan menonton di layar lebar.  Namun Gadgetarian bisa melakukan lebih banyak lagi dengan Samsung DeX seperti saat melakukan presentasi.  Gadgetarian bisa membuka aplikasi Microsoft Office pada Galaxy Note20 Series, lalu memaksimalkan tampilannya pada Smart TV.  Gadgetarian cukup membuka file yang telah disiapkan dan mengaktifkan mode presentasi.  Saat melakukan presentasi, Gadgetarian bisa mengoperasikannya dari Galaxy Note20 Series menggunakan jari maupun S Pen. Lebih lanjut, S Pen juga bisa berfungsi untuk menandai maupun memberikan sorotan tertentu pada slide dalam presentasi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *