Connect with us

Coffee Break

Diorama Penuh Tantangan dalam Dunia 3D Mekorama

Published

on

Kesuksesan Monument Valley besutan Ustwo membuat para developer di luar sana berlomba-lomba membuat game dengan tema dan mekanisme serupa meskipun hasilnya terlihat jelas bahwa mereka hanya mencontek saja dan kualitas yang dihasilkan jelas kalah jauh jika dibandingkan dengan Monument Valley. Namun, Mekorama adalah hal yang berbeda. Game yang dibuat oleh satu orang bernama Martin Magni ini memang terinspirasi oleh Monument Valley namun ia berhasil menjadikan Mekorama sebuah game puzzle diorama yang tidak begitu saja mentah-mentah menjiplak Monument Valley.

Tugasmu di sini untuk menuntun Robot B pulang ke rumahnya namun sebelum mencapai rumahnya, kamu harus memandu Robot B untuk melewati berbagai puzzle unik dan jebakan yang menyulitkan. Dunia Mekorama berbentuk diorama 3D yang bisa kamu putar untuk menemukan jalan pulang. Untuk menyuruh Robot B berjalan, kamu cukup tap ke tempat yang ingin kamu tuju sedangkan untuk melihat keseluruhan puzzle, kamu bisa melakukan swipe ke kanan atau kiri.

mekorama 1Di awal-awal level puzzle terasa mudah diselesaikan namun semakin jauh kamu bermain, akan semakin sulit puzzle yang harus kamu taklukan. Hal ini dikarenakan untuk menemukan jalur yang benar, terkadang kamu harus menemukan alat bantu yang mungkin sering luput dari penglihatan. Terkadang kamu harus memutar tuas atau menaikkan dan menurunkan semacam lift berbentuk kotak yang bentuknya sama dengan jalur yang kamu lewati. Dan tentunya, kamu harus mencari sendiri alat bantu tersebut, barulah kamu bisa meneruskan perjalanan. Setelah kamu berhasil membantu Robot B untuk sampai ke rumahnya, permainan akan berakhir dan kamu bisa meneruskan ke level selanjutnya. Tidak ada skor atau batas waktu yang muncul. Kamu benar-benar bebas memanfaatkan waktumu di sini untuk menyelesaikan permainan.

Selain menyelesaikan berbagai puzzle yang ada, kamu juga bisa membuat levelmu sendiri sebanyak apapun menggunakan fitur level editor. Setiap level memiliki barcode sehingga level yang sudah kamu buat bisa kamu bagikan ke pemain lainnya dengan menggunakan barcode tersebut. Cara menggunakan barcode bisa kamu peroleh melalui website Mekorama.

mekorama 2Sebagai game gratis, tentunya Mekorama juga menyediakan IAP dengan berbagai kisaran harga yang bersifat opsional namun sebetulnya kamu bisa memainkan Mekorama tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Lantas, untuk apa ada IAP? IAP di sini sebenarnya hanya untuk menunjukkan rasa terima kasih kamu kepada Martin Magni. Jika kamu puas dengan Mekorama, kamu bisa menunjukkan apresiasi dengan membayar sejumlah IAP yang disediakan untuk Martin Magni kapan saja.

Mekorama jelas sebuah hal menyenangkan yang saya dapatkan setelah sebelumnya saya larut dalam Monument Valley. Jumlah level yang disediakan memang hanya berjumlah 50 level saja namun keberadaan level editor membuat Mekorama memiliki level yang seakan tidak ada habisnya. Mekanisme puzzlenya yang gampang-gampang susah dipadukan dengan grafisnya 3D-nya yang terlihat halus dan detail akan membuatmu kehilangan waktu dan hanyut dalam menyelesaikan berbagai puzzle yang ada.

Mekorama, GRATIS (Apple App Store)

Mekorama, GRATIS (Google Play Store)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *