Connect with us

Product Info

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro “Selfie For Pro”

Published

on

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan membawa ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ke Kalimantan untuk sebuah tugas di belantara sawit di daerah Wahau.  Perjalanan 4 hari itu terasa menyenangkan karena saya melakukan selfie di sela-sela waktu luang atau jika ada obyek foto yang bagus untuk selfie atau wefie. Selfie pun sering dilakukan ketika jaringan seluler tak terjangkau, jangankan 4G, 2G saja susah jika sudah di tengah kebun sawit atau hutan konservasi.  Bodi Asus Zenfone 4 Selfie Pro yang tipis dan tidak terlalu berat enak dibawa-bawa, cukup disimpan dikantong.

Zenfone 4 Selfie Series memang memiliki bodi yang langsing termasuk Selfie Pro meskipun menyandang spesifikasi kelas atas.  Layar lebar sebesar 5,5” tampak anggun walau tidak termasuk dalam ponsel “Layar Mepet” karena memiliki 72.4% screen-to-body ratio. ASUS Zenfone 4 Selfie Pro yang kami gunakan berwarna merah sehingga kontras saat ditenteng sekaligus membuat  Gadgetarian menjadi pusat perhatian.  Saya sendiri suka dengan dengan guratan-guratan metal di bagian belakang dengan dominan warna merah metalik.  Cuaca yang sering menden bahkan gerimis membuat ponsel ini sedikit basah terkena percikan air hujan.  Namun demikian tetap bisa digunakan dengan baik dan tidak terasa licin sedikitpun.

Layarnya yang licin mengkilap memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels, dengan rasio 16:9 membuat gambar yang ditampilkan menjadi sangat tajam dan jernih. Layar yang jernih ini tak hanya bermanfaat saat memutar video atau melihat hasil jepretan namun juga membuat selfie menjadi lebih mudah. Layarnya yang memiliki lapisan Corning Gorilla Glass 5 membuatnya makin nampak klimis dan mewah serta tak khawatir baret saat kita masukkan ke dalam kantong celana.

Jika kita melihat spesifikasi yang ada pada ponsel ini, tak diragukan lagi kinerjanya.  Penggunaan RAM sebesar 4GB dengan prosesor Snapdragon 625 membuat ponsel ini nyaman saat digunakan bahkan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Memang belum dicoba untuk penggunaan ekstrim, namun membuka 10 aplikasi sekaligus rasanya sudah cukup untuk menunjukkan bahwa ponsel ini berkinerja baik dan layak dimiliki.  Zenfone 4 Selfie Pro yang menggunakan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 juga menggunakan OS Android seri 7.0 Nougat.  Kabar baiknya tak lama lagi akan tersedia update OS Oreo di bulan Desember ini.

Seperti namanya, ponsel ini memang dibuat untuk selfie atau kegiatan fotografi lainnya.  Jualan utama ponsel ini adalah sepasang kamera depannya yang memungkinkan untuk mengambil gambar selfie lebih wide atau lebar.  Kedua kamera depannya memiliki resolusi Dual 12 MP (f/1.8, 25mm, 1/2.55″, 1.4 µm) serta lensa 12mm dengan resolusi 8 MP yang memungkinkan pengambilan gambar selfie lebih lebar.  Gadgetarian bisa menggunakan lensa wide atau normal sesuai keinginan dengan menyentuk menu wide angle di layar.  Sedangkan kamera utama ponsel ini menggunakan single lens dengan ukuran 26mm beresolusi 16MP.

Untuk mengambil video, ponsel ini juga ciamik karena sudah mampu memproduksi video dengan ketajaman berkualitas 4K beresolusi 2160p.  Namun jika tidak membbutuhkannya gunakannlah HD saja untuk menghemat memori dan menjaga agar kinerja ponsel tetap nyaman dan lancar.  Karenanya ponsel ini menyediakan beberapa kualitas pengambilan video yaitu 2160p@30fps, 1080p@30/60fps, dan 720p@120fps.

Walaupun tak sekomplit Zenfone Zoom S, ponsel ini juga memiliki beberapa menu fotografi yang cukup lengkap termasuk manual.  Fitur yang disediakan ASUS pada ponsel ini cukup lengkap dengan pengaturan ISO dan speed shutter  dengan rentang yang cukup lebar.  Hal ini membuat pengambilan gambar menjadi lebih variatif dengan mengatur ISO dan speed shutternya.  Namun ponsel yang mengkhususkan diri pada selfie ini memang memiliki lebih banyak fitur penunjang selfie ketimbang untuk fotografi semi profesional seperti pada Zenfone Zoom S.

Selfie Pro juga memiliki banyak efek dan mode yang memberikan banyak pilihan untuk mengambil gambar selfie seperti pengaturan warna.  Sehingga fungsi fotografinya lebih banyak untuk kepentingan bermain yang biasanya akan diunggah ke media sosial.   

Harga:

Rp 4.999.000

Spesifikasi

Dimensi/berat:

154 x 74.8 x 6.9 mm/149gr

Layar:

5,5”, AMOLED, 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio, Corning Gorilla Glass 5

OS:

Android 7.0 Nougat

Chipset:

Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625

CPU:

Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

Memori:

RAM 4GB, ROM 64GB

Kamera Belakang:

16 MP, 26mm, gyro EIS, Dual Pixel PDAF, phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash,

Kamera Depan:

Dual 12 MP (f/1.8, 25mm, 1/2.55″, 1.4 µm) + 8 MP (12mm), LED flash, 2160p, panorama, HDR

Video:

2160p@30fps, 1080p@30/60fps, 720p@120fps

Baterai:

Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Hasil pemotretan menggunakan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

Menggunakan mode wide

Kolase foto

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *